Contoh Surat Keterangan Kerja

FAST DOWNLOADads
Download

–  Membahas wacana contoh surat keterangan kerja niscaya yang terpikirkan yakni surat keterangan sedang bekerja dan surat keterangan pernah bekerja. Apakah kedua surat tersebut sama ? Jawabannya tentu saja tidak. Surat keterangan kerja lebih mengacu pada informasi bahwa yang bersangkutan sedang bekerja di forum tertentu. Sementara itu, surat keterangan pernah bekerja sering disebut dengan surat pengalaman kerja, yang mengacu pada inforamsi bahwa yang bersangkutan pernah bekerja di forum tertentu.


Agar lebih terang dan tidak menciptakan bingung, keterangan lebih lengkap sekaligus teladan surat keterangan kerja akan dibahas di ulasan berikut.


Pengertian Surat Keterangan Kerja


niscaya


Surat keterangan kerja merupakan surat yang dikeluarkan oleh forum tertentu dengan tujuan memperlihatkan informasi bahwa yang bersangkutan bekerja di forum yang dimaksud. Dalam surat keterangan kerja akan ada informasi mengenai biodata singkat pegawai, jabatan, usang bekerja, kenerja, dan prestasi pegawai.


Namun, kadang isi ditambahi keterangan yang bekerjasama dengan tujuan pembuatan surat. Misalnya, karyawan ingin mengajukan beasiswa, maka di dalam surat akan ditonjolkan prestasi karyawan.


Intinya surat keterangan kerja itu dibentuk sebagai bukti bahwa karyawan benar-benar bekerja dan masih aktif menjadi karyawan di perusahaan atau forum yang dimaksud. Dengan adanya surat keterangan kerja, karyawan akan dimudahkan dalam mengajukan kredit, mengajukan pencairan dana BPJS, dan masih banyak lainnya.


niscaya


 


Salah satu hal menarik wacana surat keterangan kerja yakni adanya aturan yang mengatur keberadaan surat. Jadi, dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHP), terdapat pasal yang mengatur wacana kewajiban-kewajiban majikan.


Tepatnya pasal 1602 yang isinya wacana kewajiban majikan memperlihatkan surat keterangan wacana pekerjaan karyawan. Majikan yang dimaksud di sini yakni pemimpin perusahaan atau pemilik perusahaan. Intinya, perusahaan wajib memperlihatkan surat keterangan kerja pada karyawan.


Perbedaan Surat Keterangan Kerja dengan Surat Pengalaman Kerja


Banyak yang tidak sanggup membedakan surat pengalaman kerja dengan surat keterangan kerja. Sebenarnya apakah kedua surat tersebut berbeda? Jawabannya ya, di klarifikasi atas sedikit disinggung wacana perbedaan keduanya. Berikut klarifikasi perbedaan lebih lengkapnya.


niscaya


1. Surat Keterangan Kerja



  • Tujuan: untuk memberitahukan bahwa karyawan tertentu benar-benar bekerja di perusahaan yang dimaksud

  • Waktu dikeluarkan: dikala karyawan membutuhkannya (karyawan masih aktif bekerja)

  • Isi: biodata singkat karyawan, jabatan, waktu mulai bekerja, kenerja, prestasi karyawan, tanda tangan pimpinan perusahaan

  • Kegunaan: untuk mengajukan kredit, mengurus asuransi, mengajukan beasiswa, dan mengurus hal lain yang membutuhkan keterang sedang bekerja


2. Surat Pengalaman Kerja



  • Tujuan: sebagai informasi seseorang pernah bekerja di suatu perusahaan

  • Waktu dikeluarkan: dikala karyawan berhenti bekerja di perusahaan yang dimaksud

  • Isi: biodata singkat, jabatan, waktu mulai bekerja sampai waktu berhenti, kenerja dikala menjadi karyawan, tanda tangan pimpinan perusahaan

  • Kegunaan: untuk melamar pekerjaan, mencairkan dana jaminan hari renta dari BPJS Ketenagakerjaan, mengajukan beasiswa jalur profesional, dan lain sebagainya


Dari perbedaan yang telah disebutkan sanggup diketahui bahwa isi keduanya hampir sama, hanya berbeda di durasi bekerja, waktu dikeluarkan, dan kegunaannya.


Fungsi dan Kegunaan Surat Keterangan Kerja


Surat keterangan kerja mempunyai banyak sekali fungsi dan kegunaan yang memudahkan para karyawan. Fungsi dan kegunaan yang dimaksud antara lain yaitu


niscaya


 1. Mengajukan kredit


Pengajuan kredit apapun (motor, mobil, rumah, dll) harus disertai surat keterangan kerja. Bank membutuhkan surat tersebut sebagai jaminan pelunasan. Pemohon yang mempunyai surat keterangan kerja sudah niscaya bekerja dan mempunyai honor yang sanggup dipakai untuk membayar kredit. Jadi, kredit sanggup terjamin pelunasannya.


2. Mencairkan dana Jaminan Hari Tua BPJS


Saat ini jaminan hari renta sanggup dicairkan meskipun statusnya masih karyawan aktif. Akan tetapi, jumlah yang dicairkan besarnya hanya 10 sampai 30 persen saja. Hal ini tentu cukup menguntungkan.


Nah, salah satu syarat pencairan dana jaminan hari renta ini yakni wajib mempunyai surat keterangan kerja. Tanpa surat tersebut, pemohon tidak akan sanggup mencairkan sebagian JHT BPJS. Kaprikornus fungsinya cukup penting, bukan?


3. Membuat kartu kredit


Pembuatan kartu kredit tidak sembarangan. Penghasilan per bulan harus memenuhi syarat yang telah ditentukan bank. Jika penghasilan atau tabungan memenuhi syarat, bank biasanya eksklusif menghubungi nasabah. Akan tetapi, nasabah tetap harus memperlihatkan surat keterangan kerja biar kartu kredit sanggup diproses.


4. Mengajukan beasiswa


Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan, ada beasiswa yang penerimanya boleh bekerja. Ada pula beasiswa yang memang dikhususkan untuk mereka yang sedang bekerja dengan tujuan meningkatkan kapasitas. Jenis beasiswa yang ibarat itulah yang membutuhkan syarat berupa surat keterangan kerja.


5. Membuat paspor


Di syarat pengajuan paspor yang dikeluarkan Menteri Hukum dan HAM, memang tidak dicantumkan surat keterangan kerja. Namun ternyata surat keterangan kerja untuk paspor masuk di syarat tambahan. Kaprikornus sebaiknya membawa surat keterangan kerja dikala ingin menciptakan paspor.


6. Membuat visa


Selain pembuatan paspor, pembuatan visa juga memerlukan surat keterangan kerja. Surat ini diharapkan untuk jaminan bahwa pemohon benar-benar mempunyai pekerjaan dan penghasilan. Sehingga pemohon dijamin mempunyai uang dan tidak berakhir menjadi gelandangan di negara tujuan.


7. Mengajukan izin


Apabila ada program formal yang tidak sanggup didatangi alasannya yakni sedang bekerja, maka surat keterangan kerja sanggup menjadi solusinya. Dengan surat tersebut, seseorang benar-benar dipercaya jikalau izin bekerja, bukan izin alasannya yakni disengaja.


8. Berurusan dengan pihak ketiga


Saat karyawan diberi kiprah untuk bekerjasama atau berurusan dengan pihak ketiga, mereka akan dibekali surat keterangan kerja. Dengan adanya surat tersebut, pihak yang diajak bekerja sama sanggup lebih percaya alasannya yakni dikala ini memang banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan perusahaan tertentu.


Kerangka Surat Keterangan Kerja


niscaya


Kerangka surat keterangan kerja hampir sama dengan kerangka surat lainnya. Pembedanya hanyalah di isi surat. Berikut kerangka yang dimaksud :


1. Kepala Surat atau Kop Surat


Kepala surat terletak di bab atas dan menjadi poin penting sebuah surat. Kepala surat berisi nama perusahaan, logo perusahaan, alamat, nomor telepon, dan hal penting lainnya yang memperlihatkan identitas perusahaan.


Beberapa perusahaan atau instasi besar bahkan hanya menyantumkan logo saja di kop surat. Hal ini tak menjadi problem alasannya yakni perusahaan besar biasanya sudah terkenal. Namun kebanyakan perusahaan mencantumkan informasi penting ibarat yang telah disebutkan.


2. Nomor Surat


Di bawah kop surat akan ada goresan pena “Surat Keterangan Kerja” dan di bawahnya diikuti nomor surat. Apakah setiap surat keterangan bekerja selalu diikuti dengan nomor surat? Jawabannya sanggup iya, sanggup tidak, tergantung instasinya. Namun kebanyakan mencantumkannya untuk memudahkan pengarsipan surat.


3. Isi Surat


Setelah nomor surat, biasanya akan eksklusif masuk isi. Detail isi surat antara lain yaitu:



  • Identitas karyawan

  • Pernyataan bekerja di perusahaan

  • Jabatan karyawan

  • Waktu mulai bekerja

  • Kinerja dan prestasi karyawan


Untuk detail isi yang telah disebutkan, ada yang memakai semua dan ada yang tidak, tergantung ketentuan masing-masing perusahaan.


4. Penutup Surat


Penutup surat keterangan kolaborasi ibarat epilog surat pada umumnya. Biasanya diawali dengan kata demikian.


5. Tanggal Pembuatan Surat dan Tanda Tangan


Setelah penutupan, di bab bawah akan dicantumkan tanggal pembuatan surat yang diakhiri dengan jabatan, tanda tangan, dan nama terang pimpinan perusahaan.


Dari kerangka yang telah disebutkan di atas, sanggup diperkirakan bagaimana isi dari surat keterangan kerja. Namun biar lebih jelas, format umum penulisan surat keterangan bekerja di bawah ini sanggup dipelajari.


Format Umum Penulisan Surat Keterangan Kerja


Bagi yang ingin menciptakan surat keterangan kerja, format penulisan di bawah ini sanggup dijadikan salah satu pedoman penulisan.


NAMA PERUSAHAAN/INSTANSI


Alamat lengkap instansi + nomor telepon





SURAT KETERANGAN KERJA


No. (nomor surat)


 


Dengan hormat,


yang bertandatangan di bawah ini :


Nama             : (nama pimpinan yang bertanda tangan)


Jabatan          : (jabatan pimpinan)


Menerangkan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:


Nama             : (nama karyawan)


Jabatan          : (jabatan karyawan)


Alamat           : (alamat karyawan)


merupakan karyawan kami yang telah bekerja dari (tanggal mulai bekerja) sampai dikala ini, dan telah memperlihatkan kinerja, prestasi, serta sikap yang baik.


Demikian surat keterangan ini dibentuk biar sanggup dipakai sebagaimana mestinya.


 


(Tempat, tanggal dibuatnya surat)


(Jabatan pimpinan perusahaan)


(tanda tangan)


(nama terang)


 



Cara Membuat Surat Keterangan Kerja


niscaya


Pembuatan surat keterangan kerja ditangani oleh staff khusus perusahaan. Namun, semuanya tetap tergantung aturan yang berlaku di perusahaan. Untuk perusahaan kecil yang gres berdiri, hal ibarat ini kadang diurus oleh atasan langsung. Kaprikornus antara satu perusahaan dengan perusahaan lain berbeda cara pengurusannya.


Bahkan ada daerah kerja yang meminta karyawannya untuk menciptakan sendiri dan pihak atasan tinggal tanda tangan. Karena itulah keberadaan format penulisan surat keterangan kerja ibarat yang telah dituliskan di atas sangat diperlukan. Agar lebih paham cara menciptakan surat keterangan kerja sendiri, langkah-langkah di bawah ini sanggup dicoba.



  • Bertanya pada perusahaan apakah ada format khusus atau tidak. Jika ada mintalah dan jikalau tidak, gunakan format di atas.

  • Mencari atau meminta logo perusahaan untuk kop surat. Tidak diberi logo tidak masalah, tetapi lebih cantik jikalau memakai logo.

  • Menyiapkan informasi dasar ibarat nama dan jabatan, tanggal mulai bekerja, dan prestasi-prestasi yang berhasil dicapai

  • Mulai menulis surat sesuai format di atas. Kata-kata boleh diganti dengan yang lebih disukai atau kata yang lebih baik.

  • Jika surat sudah selesai dibuat, mintalah tanda tangan pimpinan dan cap perusahaan.


Sangat gampang kan? Namun kadang seseorang merasa galau jikalau hanya disajikan format. Karena itulah berikut diberikan beberapa jenis teladan surat keterangan kerja.


Jenis Surat Keterangan Kerja


Surat keterangan kerja hanya terdiri dari satu jenis yang isinya ibarat pembahasan di atas. Hal yang membedakan antara surat kerja satu dan lainnya hanyalah di tujuan pembuatan surat.


Surat dengan tujuan khusus (misal pengajuan beasiswa) niscaya akan diberi poin pemanis di bab kinerja dan prestasi karyawan. Agar lebih paham wacana perbedaan antara surat keterangan kerja satu dengan yang lainnya, beberapa teladan di bawah ini sanggup diamati dan dikaji.


Contoh Surat Keterangan Kerja


Surat keterangan kerja dari banyak sekali instansi ternyata mempunyai perbedaan. Namun, perbedaannya tidak terlalu banyak. Beberapa teladan berikut sanggup eksklusif dianalisis biar lebih terang mana saja perbedaannya.


1. Contoh Surat Keterangan Kerja di Sekolah Untuk guru



SMA KEBON DALEM SEMARANG


Jalan Wotgandul Barat No.31, Kranggan, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50139


Telp. (024) 3515838




SURAT KETERANGAN KERJA


No. 272/SMA-KD/C/XI/2019


 


Dengan hormat,


Yang bertandatangan di bawah ini :


Nama       : Heru Kuswanto, M.Pd.


Jabatan   : Ka. Sekolah Menengan Atas Kebon Dalem Semarang


 


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama                                    : Rahmad Susanto, S.Pd.


Tempat, tanggal lahir        : Semarang, 02 November 1990


NIP                                        : 19901102 201703 1 001


Jabatan                                 : Guru Mata Pelajaran Matematika


 


merupakan guru yang benar-benar mengajar di Sekolah Menengan Atas Kebon Dalem Semarang semenjak 18 Maret 2016 sampai dikala ini. Selama bekerja, dia berperilaku baik dan memperlihatkan kinerja yang maksimal.


Demikian surat keterangan ini dibentuk biar dipakai sebagaimana mestinya.


 


Semarang, 17 November 2019


Kepala Sekolah Menengan Atas Kebon Dalem


 


(Heru Kuswanto, M.Pd.)


 



Untuk staff :



SMA TAMAN MADYA JETIS


Jalan Pakuningratan 34 A Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta 55233 Telp. (0274) 517522




SURAT KETERANGAN KERJA


No. 311/SMA-TM/D/XI/2019


 


Dengan hormat,


Yang bertandatangan di bawah ini :


Nama             : Hamid Mulya, M.Pd.


Jabatan         : Kepala Sekolah Menengan Atas Taman Madya Jetis


 


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama             : Sri Astuti


Jabatan          : Staff Tata Usaha


 


merupakan karyawan di Sekolah Menengan Atas Taman Madya Jetis semenjak 27 November 2015 sampai sekarang. Selama bekerja, karyawan berperilaku baik, taat pada peraturan, dan memperlihatkan kinerja yang maksimal.


Demikian surat keterangan ini dibuat, semoga sanggup dipakai sebagaimana mestinya.


 


Yogyakarta, 18 November 2019


Kepala Sekolah Menengan Atas Taman Madya Jetis


 


(Hamid Mulya, M.Pd.)


 



2. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Kepala Sekolah



DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BOYOLALI


Jalan Ahmad Yani, Komplek Perkantoran Terpadu, Kemiri, Mojosongo, Boyolali,


Jawa Tengah 57321 Telepon (0276) 321048




SURAT KETERANGAN KERJA


No. 571/19/PK/05


 


Dengan hormat,


Yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa:


Nama    : Wahyu Widianto, M.Pd.

NIP        : 19760112 199802 1 001

Jabatan : Kepala Sekolah

Alamat  : Jalan Tentara Pelajar Mudal Boyolali, Mudal, Boyolali


merupakan Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama BHinneka Karya Boyolali semenjak tanggal 31 Juni 2017 sampai sekarang. Selama menjadi Kepala Sekolah, dia menjalankan kiprah dengan baik dan mematuhi aturan yang berlaku.


Demikian surat keterangan ini dibentuk biar dipakai sebagaimana mestinya.


 


Boyolali, 19 November 2019


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Boyolali


 


(Darmanto, S.Pd.)


 



3. Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Perusahaan Swasta



PT. SEJAHTERA BERSAMA


Sawah, Sengonbugel, Mayong, Jepara, Jawa Tengah 59465 Telp. (0291) 7512101




SURAT KETERANGAN KERJA


No. 136/SB/XI/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini memperlihatkan keterangan bahwa:


Nama             : Joko Priambudi


Jabatan          : Staf HRD


Memang benar-benar bekerja di PT. Sejahtera Bersama sebagai staf HRD semenjak bulan Januari 2018 sampai sekarang. Selama bekerja, yang tersebut di atas telah melaksanakan pekerjaan dengan baik.


Demikian surat keterangan ini dibentuk dengan gotong royong untuk dipakai sebaik mungkin.


 


Jepara, 20 Oktober 2019


Direktur PT. Sejahtera Bersama


 


(Hamid Sastro)



4. Contoh Surat Keterangan Kerja Bank



PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk


KANTOR CABANG KEROBOKAN


Jl. Raya Kerobokan-kuta, Badung, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung,


Bali 80361 Telepon (0361) 731186




SURAT KETERANGAN


No. BNI/KB/762/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini menandakan bahwa:


Nama    : Manda Aulia


NPP       : 08216


Alamat  : Jl. Raya Kerobokan-kuta, Kerobokan Kelod, Badung


 


Memang benar bekerja di PT. Bank Negara Infonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kerobokan mulai tanggal 4 Januari 2017 sampai dikala ini dengan posisi sebagai Administrasi Umum.


Demikian surat keterangan ini dibentuk dengan gotong royong untuk dipakai sebagaimana mestinya.


 


Kerobokan, 20 November 2019


PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk


Kantor Cabang Kerobokan


 


 


Ismail Marjuki


Pemimpin Bid Operasional


 


 



5. Contoh Surat Keterangan untuk KPR



PT. JAYA MAKMUR


Purwosari, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50172




SURAT KETERANGAN


No. JM/SK/131/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama         : Toni Sudiro, S.Si.


Jabatan       : Kepala Cabang PT. Jaya Makmur


 


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama         : Aziz Ali


Alamat       : Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang


Jabatan      : Staf Pemasaran PT. Jaya Makmur


 


Memang benar-benar karyawan tetap di PT. Jaya Makmur dari 30 Desember 2015 sampai dikala ini. Karyawan selalu berperilaku baik dan mematuhi peraturan.


Surat keterangan ini dibentuk untuk kebutuhan pemenuhan persyaratan KPR.


Demikian surat keterangan ini dibentuk biar sanggup dipakai sebagaimana mestinya.


 


Semarang, 18 November 2019


Kepala Cabang PT. Jaya Makmur


 


Toni Sudiro, S.Si


 



6. Contoh Surat Keterangan Kerja PNS



Untuk PNS, biasanya surat keterangan kerja boleh diganti dengan surat keterangan pengangkatan menjadi PNS. Berikut contohnya.


PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL


BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN


Jl. Rudolf Wolter Monginsidi, Bantul, Daerah spesial Yogyakarta 55711


Telp. (0274) 367509, Fax. (0274) 6462101, Email: bkd@bantulkab.go.id




Bantul, 21 November 2019


Nomor   : 721.1/562/BK.DIKLAT/2019


Lamp     : 2 lembar


Perihal  : Pengangkatan CPNS Menjadi PNS


 


Yth. Kepala Badan/Dinas/Unit kerja/Camat/


Kepala Puskesmas/Kepala Sekolah


Lingkup pemerintah Kabupaten Bantul


 


Sehubungan dengan telah dipenuhi beberapa syarat oleh Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul yang namanya tersebut pada lampiran surat ini untuk diusulkan menjadi Pegawai Negeri Sipil, dengan ini diminta perhatian Saudara terhadap hal-hal sebagai berikut:



  1. Persyaratan dan materi kelengkapan undangan pengangkatan menjadi PNS, sebagai berikut:

  2. Fotokopi sah SK CPNS;

  3. Fotokopi sah Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT);


 


Demikian untuk maklum dan perhatian seperlunya.


 


Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan


Kabupaten Bantul,


 


Ahmad Mulyadi, M.Pd.


 



7. Contoh Surat Keterangan Kerja di Toko



PT. SINAR ABADI


Jl. Jagir Wonokromo No.196, Jagir, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60244


Telp. (031) 8477008




SURAT KETERANGAN KERJA


No: SKK/HR-Dep/122/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini Andi Prasetyo – Manajer HRD PT. Sinar Abadi, menandakan dengan gotong royong bahwa:


Nama                              : Subandi


Tempat, tanggal lahir  : Malang, 21 April 1988


Alamat                            : Jagir, Wonokromo, Surabaya


Telah bekerja di PT. Sinar Abadi sebagai Pramuniaga, terhitung semenjak tanggal 27 Maret 2018 sampai dikala ini. Saudara yang bersangkutan telah bekerja dengan maksimal dan berperilaku baik.


Demikian surat keterangan ini diberikan untuk sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya.


 


Surabaya, 27 November 2019


Manajer HRD PT. Sinar Abadi


 


Andi Prasetyo


 



8. Contoh Surat Keterangan Kerja dari Desa



PEMERINTAH KOTA BLITAR


KECAMATAN SUKOREJO


KELURAHAN KARANGSARI


Jl. Cemara No.203, Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur 67125, Telp. (0342) 809360




SURAT KETERANGAN KERJA


No: 256/781/X1/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama                : Untung Suprana


Jabatan             : Kepala Desa Karangsari


Alamat              : Desa Karangsari RT.002/004, Sukorejo, Blitar


 


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama lengkap       : Zaenab Ismi


NIK                          : 331215509071300001


Alamat                    : Desa Karangsari RT.001/003, Sukorejo, Blitar


 


Adalah benar-benar bekerja di Kantor Kepala Desa Karangsari, Sukorejo, Blitar semenjak tanggal 4 Mei 2016 sampai sekarang.


Demikian Surat Keterangan ini dibentuk dengan sebenarnya, dan kepada yang berkepentingan harap dipakai sebagaimana mestinya.


 


Dibuat di        : Karangsari


Pada tanggal  : 1 September 2019


Kepala Desa Karangsari


 


Untung Suprana


 



9. Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Tetap



PT. DAMAI SEJAHTERA


Jl. Gejayan No.6, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah spesial Yogyakarta 55281


Telp. (031) 8477008




SURAT KETERANGAN KERJA


No: DMS/HRD/77/X/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama       : Lukman Hakim


Jabatan    : Kepala Bagian Personalia


 


Dengan ini menyatakan bahwa:


Nama                              : Edi Baskoro


Tempat, tanggal lahir  : Bantul, 26 Juni 1990


Jenis Kelamin               : Laki-laki


Alamat                            : Jalan Raya Imogiri Km.56 Bantul


 


Merupakan karyawan tetap di PT. Damai Sejahtera dan menduduki posisi Staf Pemasaran semenjak bulan Desember 2017.


Demikian surat keterangan ini dibentuk untuk sanggup dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.


 


Yogyakarta, 27 Oktober 2019


Kepala Bagian Personalia


Lukman Hakim



10. Contoh Surat Keterangan Kerja di Hotel



HOTEL PESONA INDAH


Jl. Kemetiran No.21, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah spesial Yogyakarta 55272, Telp. (0274) 581265




SURAT KETERANGAN KERJA


No: 117/HRD/XII/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama       : Antonio Renaldi, B.Ba.


Jabatan    : Direktur Hotel Pesona Indah


 


Menjelaskan bahwa:


Nama                              : Yohana Permata


Tempat, tanggal lahir  : Sleman, 26 Juni 1996


Jabatan                           : Resepsionis


Alamat                            : Jalan Gejayan No.27, Depok, Sleman


 


Benar telah bekerja di perusahaan kami terhitung dari tanggal 12 September 2017 sampai dikala ini. Selama menjadi karyawan, Saudari Yohana Permata memperlihatkan pengabdian dan loyalitas tinggi serta tidak pernah berperilaku buruk.


Demikian surat keterangan ini dibentuk untuk sanggup dipakai sebagaimana mestinya.


 


Yogyakarta, 27 Desember 2019


Direktur Hotel Pesona Indah


Antonio Renaldi, B.Ba.



11. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Paspor



PT. PRIMA JAYA


Bojongsalaman, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50141




SURAT KETERANGAN


No. PJ/SK/055/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama           : Leni Margareta, S.M.


Jabatan       : Kepala Cabang PT. Prima Jaya


 


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama         : Musolli


Alamat       : Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang


Jabatan       : Staf Administrasi PT. Prima Jaya


 


Adalah karyawan tetap di PT. Prima Jaya dari 04 Desember 2017 sampai dikala ini. Karyawan selalu berperilaku baik dan mematuhi peraturan.


Surat keterangan ini dibentuk untuk pengajuan paspor.


Demikian surat keterangan ini dibentuk biar sanggup dipakai sebagaimana mestinya.


 


Semarang, 22 November 2019


Kepala Cabang PT. Prima Jaya


Leni Margareta, S.M.



12. Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Izin Kuliah



PT. PUSTAKA UTAMA


Jalan Cempakan No.12, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah spesial Yogyakarta 55281, Telp (0274) 58261




SURAT KETERANGAN KERJA


No. PU/HRD/025/XI/2019


 


Yang bertandatangan di bawah ini:


Nama           : Yoga Prasetyo, S.S.


Jabatan       : Direktur PT. Pustaka Utama


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama         : Ilma Saadah


Jabatan      : Staf Marketing PT. Pustaka Utama


Alamat      : Jalan Sepak Bola No 12, Condongcatur, Depok, Sleman


Adalah karyawati PT. Pustaka Utama dari 04 Januari 2018 sampai dikala ini. Dengan ini kami menandakan bahwa yang saudari Ilma Saadah tidak sanggup mengikuti jadwal aktivitas di kampus Universitas Sanata Dharma pada tanggal 20-22 November 2019 alasannya yakni masih bekerja pada dikala itu.


Demikian surat keterangan ini dibentuk biar sanggup dipakai sebagaimana mestinya.


 


Sleman, 18 November 2019


Direktur PT. PustakaUtama


Yoga Prasetyo, S.S.


 



Dari klarifikasi dan teladan di atas, sanggup diketahui bahwa surat keterangan kerja merupakan surat yang dikeluarkan oleh forum atau instasi tertentu. Tujuannya untuk memperlihatkan keterangan resmi perihal pekerjaan yang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan, sehingga tergolong salah satu surat penting.


Demikian ulasan mengenai pengertian surat keterangan kerja, fungsi, tujuan, jenis, kerangka, cara membuat, dan teladan surat keterangan kerja. Semoga sanggup bermanfaat.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post