Contoh Surat Keterangan

FAST DOWNLOADads
Download

–  Melengkapi dokumen-dokumen sebagai persyaratan melaksanakan sesuatu biasanya jadi gampang kalau sudah mengetahui draftnya. Oleh lantaran itu, pada artikel ini akan dibahas pengertian, manfaat, unsur, jenis-jenis, serta banyak sekali contoh surat keterangan yang sanggup dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi.


Mengurus surat keterangan tak bisa dilakukan sendiri di rumah. Biasanya, orang yang meminta dibuatkan surat ini harus mendatangi kantor forum legal yang berwenang mengeluarkan dokumen tersebut. Ada yang prosesnya cepat, hanya 30 menit saja, tapi ada juga yang butuh waktu cukup usang hingga berhari-hari.


Pengertian Surat Keterangan


dokumen


Sesuai dengan namanya, surat keterangan yaitu surat yang menjelaskan atau menandakan suatu kondisi seseorang atau suatu hal. Surat keterangan bersifat resmi, dan sanggup dipergunakan sacara legal untuk banyak sekali keperluan. Banyak urusan yang berkaitan dengan pengajuan, membutuhkan surat keterangan.


Banyak orang sulit membedakan antara surat keterangan dan surat pernyataan. Apalagi, sekilas kedua jenis surat tersebut isinya hampir sama. Secara umum, perbedaan antara keduanya terletak pada siapa yang menciptakan surat tersebut. Surat keterangan selalu dikeluarkan atau diterbitkan oleh forum resmi. Sementara surat pernyataan ditulis secara perorangan.


Manfaat Surat Keterangan


dokumen


Berdasarkan pihak yang terkait, ada beberapa manfaat surat keterangan, diantaranya:



  • Bagi pihak penerima, surat keterangan bermanfaat untuk memenuhi dokumen yang menjadi syarat suatu pengajuan. Misalnya pengajuan KPR atau beasiswa.

  • Bagi pihak yang menciptakan dan memberikan, surat keterangan berfungsi sebagai apresiasi terhadap kinerja atau kondisi seseorang. Pada beberapa jenis surat keterangan ibarat surat keterangan sakit, pihak pembuat surat sanggup membantu sang peserta untuk mendapat hak istirahat sebagaimana mestinya.

  • Bagi pihak yang mengakibatkan surat keterangan sebagai dokumen legal, surat tersebut sanggup membantu untuk mengetahui identitas dan keterangan bahwasanya terkait seseorang atau sesuatu, tanpa harus meninjau secara langsung.


Sementara itu, fungsi dari surat keterangan sendiri ada banyak, tergantung pada jenisnya. Hal ini terjadi lantaran tiap jenis surat keterangan mempunyai isi yang berbeda-beda.


Unsur-Unsur Surat Keterangan


dokumen


Ada beberapa unsur atau belahan yang biasanya ada dalam sebuah surat keterangan, diantaranya:




  • Kepala Surat




Kepala surat yang baik mengandung beberapa hal. Yang pertama yaitu kop surat yang memperlihatkan identitas pembuat atau penerbit surat keterangan. Kop surat biasanya dilengkapi dengan nama forum atau perusahaan, alamat, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.


Yang kedua yaitu judul surat, yang biasanya diletakkan di belahan tengah atas dan dengan abjad kapital. Yang ketiga yaitu nomor surat dan perihal yang sanggup diletakkan di bawah judul surat atau di tepi kiri atas.




  • Tubuh Surat




Dalam tubuh surat terdapat tiga belahan penting. Yang pertama yaitu pernyataan kesungguhan yang dibentuk oleh pihak yang menerangkan. Yang kedua, identitas pihak yang diterangkan. Identitas ini sanggup memuat nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat. Identitas ini kemudian diikuti dengan klarifikasi terkait kondisi bahwasanya dari yang bersangkutan, sesuai dengan jenis surat keterangan yang dibuat.


Tubuh surat diakhiri dengan penutup. Penutup bisa memakai salam penutup, kemudian diiringi dengan cita-cita dari penulisan surat tersebut.




  • Kaki Surat




Kaki surat memuat tempat dan tanggal dibuatnya sebuah surat keterangan. Setelah itu, kaki surat juga dilengkapi identitas penanggung jawab beserta tanda tangan dan stempel forum yang mengeluarkan surat tersebut.


Jenis-Jenis Surat Keterangan


dokumen


Jika dilihat dari banyak sekali jenis isi serta kepentingan, surat keterangan digolongkan menjadi dua, yaitu:




  • Surat Keterangan Biasa




Surat keterangan yang tidak melibatkan banyak orang, serta imbas yang ditimbulkan tidak terlalu serius, disebut dengan surat keterangan biasa. Beberapa contoh surat keterangan biasa yaitu surat keterangan kerja dan surat keterangan aktif berorganisasi.




  • Surat Keterangan Penting




Sementara itu, surat keterangan penting mempunyai imbas yang lebih luas dan serius. Contoh surat dalam golongan ini yaitu surat terkait kondisi kesehatan yang dibentuk dengan detail, surat keterangan kelakuan baik (SKKB), dan surat-surat lain yang berurusan dengan hukum.


Contoh Surat Keterangan Aktif Belajar


dokumen


Surat ini penting untuk menawarkan keterangan terkait acara seseorang. Ada banyak kegunaan surat keterangan ini, diantaranya yaitu syarat pengajuan tambahan honor bagi orangtuanya, pengajuan beasiswa, serta dokumen perhiasan ketika akan mendaftar ke asuransi.


Contoh Surat Keterangan Aktif Sekolah


Untuk melamar sebuah beasiswa, seorang siswa akan membutuhkan contoh surat keterangan sekolah, yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan identitasnya. Surat ini biasanya dibuatkan oleh pihak TU masing-masing sekolah.



PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NUR KALIBENING


Alamat: Jalan Raya Kaliurang, Kalibening 53458.


Website: www.annur-kalibening.com Email: annurkb@gmail.com


 


SURAT KETERANGAN AKTIF MENGIKUTI PENDIDIKAN


No: 768/09/VII/U/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Taufiq Ariyanto M. S.Pd, M.Pd


NIP: 198 754 753 465 5 766


Pangkat/Golongan Ruang: Pembina Tingkat I IV/B


Jabatan: Kepala Sekolah Menengah Pertama An-Nur Kalibening


Dengan ini menandakan dengan sesungguhnya, bahwa:


Nama: Indah Dian Arimurti


NIS/NISN: 5674 / 0095326444


Tempat, Tanggal Lahir: Banjarnegara, 4 Mei 2006


Jenis Kelamin: Perempuan


Nama Ayah: Wahyu Adi Saputro


Nama Ibu: Rinda Devi Mutiara


Bahwa pada tahun pelajaran 2019/2020, sempurna tanggal 19 Oktober 2019, siswa tersebut dinyatakan benar-benar aktif sebagai siswa kelas VII DI Sekolah Menengah Pertama An-Nur Kalibening, Banjarnegara. Selama mengikuti pendidikan, yang bersangkutan telah menjalankan kewajibannya sebagai siswa dengan baik.


Demikian surat keterangan aktif berguru ini kami sampaikan, semoga sanggup dipakai dengan baik dan sebagaimana mestinya.


Banjarnegara, 19 Oktober 2019


Kepala Sekolah Menengah Pertama An-Nur Kalibening


 


Taufiq Ariyanto M. S.Pd, M.Pd


NIP: 198 754 753 465 5 766


 



Contoh Surat Keterangan Aktif Kuliah


Salah satu contoh surat keterangan kuliah ini dipakai untuk mendaftarkan hak pilih jelang pemilihan umum. Jika dibutuhkan untuk tujuan lainnya, maka contoh ini sanggup dijadikan pola dan dimodifikasi seperlunya.



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN INDONESIA UNIVERSITAS BINA PUSTAKA PADANG, FAKULTAS PENDIDIKAN


Jl. Terusan Ilmu No 78, Padang


www.ubppadang.ac.id , Email: admin@ubppadang.ac.id


SURAT KETERANGAN


No: SKET/798/08/CC/U/2019


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Dr. Nandar Arifin Ahmad M.Si


NIP: 195644753465 5 003


Jabatan: Dekan


Fakultas: Pendidikan


 


Dengan ini menandakan dengan sesungguhnya, bahwa:


Nama: Navia Indri Ningsih


Jenis Kelamin: Perempuan


Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 13 Februari 2000


Alamat Domisili: Jl. Terusan Yudhistira Gang 7 No 45, Padang


Alamat Asli Sesuai KTP: Jalan Putra Jaya No 572, Magelang


NIM: 1188737008


Jurusan, Program Studi: Pendidikan Matematika


Semester: 3


Nama Orangtua/Wali: Joko Abdi Waluyo


Pekerjaan: Karyawan Swasta


 


Bahwa nama tersebut di atas memang merupakan mahasiswa S1 Universitas Bina Pustaka Padang, Fakultas Pendidikan, tahun akademik 2019/2020. Yang bersangkutan mengajukan pembuatan surat keterangan ini untuk keperluan mengurus Hak Pilih dan A5 di alamat domisili.


Demikian surat keterangan aktif sebagai mahasiswa ini dibentuk dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sesuai keperluan di atas.


 


Padang, 29 Oktober 2019


Dekan Fakultas Pendidikan


 


Dr. Nandar Arifin Ahmad M.Si


195644753465 5 003


 



Contoh Surat Keterangan Aktif Berorganisasi


Surat keterangan aktif organisasi memperlihatkan bahwa seseorang sedang aktif dalam suatu rangkaian acara organisasi. Surat ini sebaiknya dikeluarkan secara resmi oleh organisasi dan diketahui oleh forum yang menaunginya.



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS NUSANTARA MADIUN, FAKULTAS MIPA


HIMPUNAN MAHASISWA BIOLOGI (HMB)


Jl. Nusa Kambangan No 5, Madiun


Telp: +62 833 644 643 74, Website: www.unnmadiun.ac.id , Email: admin@unnmadiun.ac.id


 


No: 12/09/HMB/SKA/907/2019


Hal: Keterangan Aktif Organisasi


Lampiran: –


SURAT KETERANGAN AKTIF ORGANISASI


 


Yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama: Arifin Yudha Indrawan


NIM: 101745445002


Jurusan/Program Studi: Ilmu Biologi


Jabatan: Ketua


Organisasi: Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Nusantara Madiun


 


Menyatakan dengan bahwasanya bahwa,


Nama: Putri Ayu Wulandari


NIM: 101855453008


Jurusan/Program Studi: Pendidikan Biologi


Jabatan: Staf Departemen Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)


Organisasi: Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Nusantara Madiun


 


Adalah merupakan mahasiswa yang aktif menjabat sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Universitas Nusantara Madiun pada masa jabatan 2019/2020.


Demikian kami sampaikan keterangan aktif dalam organisasi ini, untuk sanggup dipakai sebaik-baiknya.


Madiun, 9 November 2019


Ketua HMB


 


Arifin Yudha Indrawan


NIM: 101745445002


 



Contoh Surat Keterangan Kerja


dokumen


Surat keterangan kerja sanggup diajukan oleh seorang karyawan yang mempunyai kontrak atau ikatan kerja dengan suatu perusahaan atau lembaga. Tujuan surat ini tak lain yaitu untuk menawarkan gosip kebenaran bahwa seseorang sedang aktif bekerja.


Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Perusahaan


Contoh surat keterangan karyawan paling banyak dipakai untuk mengajukan dukungan ke bank. Surat ini biasanya disertai juga dengan slip honor atau surat keterangan penghasilan.



PT BULAN PURNAMA NUSANTARAJl. Dr. Sucipto no 78, Kebonagung, Kabupaten Banjarnegara


 


SURAT KETERANGAN KERJA


No: 558/SKK/90/O/2019


Saya yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama: Nisa Fitria Kusuma S.Si


Jabatan: Kepala Divisi Personalia


Alamat: Perum Mojosari Blok J No 23, Kabupaten Banjarnegara


Menerangkan bahwa:


Nama: Rania Ayu Dewi S.T.


Jabatan: Staf Tenaga Ahli Kimia


Alamat: Perum Bumiasri Blok G no 16, Kabupaten Banjarnegara


Yang tersebut di atas benar sedang aktif bekerja di PT. Bulan Purnama Nusantara sebagai Staf Tenaga Ahli Kimia.


Demikian kami sampaikan keterangan ini, untuk sanggup dipakai dengan sebaik-baiknya.


 


Mengetahui,


 


Fajar Trian Hadi S.T, M.T


Kepala Divisi Ahli Kimia


Banjarnegara, 13 November 2019


PT. Bulan Purnama Nusantara


 


Nisa Fitria Kusuma S.Si


Kepala Divisi Personalia


 



Contoh Surat Keterangan Kerja Karyawan Kontrak


Seorang karyawan kontrak juga boleh meminta dibuatkan surat keterangan kerja. Namun biasanya, perusahaan menuliskan keterangan terkait kapan kontrak tersebut akan berakhir.



BANK MITRA KENANGA INDONESIACabang Fatmawati, Jl. Fatmawati No 8, Jakarta Selatan


 


SURAT KETERANGAN


No: 09/SKK/88/II/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Rizal Nugroho Adi S.E., M.E.


Jabatan: Kepala HRD


Alamat: Perum Green Hills Blok F No 38, Jakarta


Menerangkan bahwa:


Nama: Nicky Anita Rosyida S.E


Jabatan: Teller


Alamat: Perum Al Falah Blok D No 23, Jakarta


 


Dengan ini menandakan bahwa memang benar yang bersangkutan yaitu karyawan Bank Mitra Kenanga Indonesia dan masih aktif bekerja dengan status Karyawan Kontrak. Kontrak kerja terhadap yang bersangkutan berlaku mulai tanggal 9 Agustus 2018 hingga 9 Agustus 2021. Hingga ketika ini, yang bersangkutan sanggup melaksanakan tugasnya dengan baik.


Demikian kami sampaikan surat keterangan aktif bekerja ini, untuk sanggup dipakai dengan sebaik-baiknya.


 


Mengetahui,


 


 


Vania Ikke Pratiwi S.E. M.E


Kepala Operasi Cabang


Jakarta, 9 November 2019,


PT Bank Mitra Kenanga Indonesia


Cabang Fatmawati


 


Rizal Nugroho Adi S.E., M.E.


Kepala HRD


 



Contoh Surat Keterangan Kerja Bidan


Seorang bidan sanggup meminta surat keterangan kerja pada atasannya, baik pada ketika bekerja di BPM, klinik, maupun rumah sakit.



BIDAN PRAKTEK MANDIRIDIANA NUR FITRIANI AMD. KEB


Sip No. 458.3/0023/03/10/SIPB/Dinkes/2019


Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung, Telp: (+62) 988 8775 64576


 


SURAT KETERANGAN KERJA


No: SKK/U/941/II/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Diana Nur Fitriani Amd. Keb


Jabatan: Kepala Bidan


Alamat: Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung


Menerangkan bahwa:


Nama: Murni Ayu Kusuma Amd. Keb


Tempat, Tanggal Lahir: Tangerang, 23 November 1988


Alamat: Jalan Panji Soeroso Gang 7 No 18, Bandung


 


Benar merupakan salah satu bidan yang bekerja semenjak tanggal 14 November 2018 dan hingga ketika ini masih aktif. Selama bekerja, yang bersangkutan melaksanakan tugas-tugas dan pekerjaannya dengan baik.


Demikian kami sampaikan surat keterangan kerja ini, untuk sanggup difungsikan sebaik-baiknya.


Bandung, 13 November 2019


 


Diana Nur Fitriani Amd. Keb


Kepala Bidan


 



Contoh Surat Keterangan Aktif BeKerja Untuk NPWP


Pembuatan NPWP membutuhkan dokumen ini, untuk memastikan bahwa yang bersangkutan memang merupakan seorang karyawan dan sedang aktif bekerja di perusahaan tertentu.



PT BULAN PURNAMA NUSANTARAJl. Dr. Sucipto no 78, Kebonagung, Kabupaten Banjarnegara


 


SURAT KETERANGAN KERJA


No: 510/SKK/78/O/2019


Yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama: Risga Jordy Dewantara  S.E.


Jabatan: Direktur Utama


Alamat: Jl. Buleleng Gang 6 No 45, Banjarnegara


Menerangkan bahwa:


Nama: Imam Wahyudi Utomo S.T.


Jabatan: Supervisor Divisi G


Alamat: Jl. Buleleng Gang 6 No 45, Banjarnegara


Telah bekerja semenjak tanggal 7 Juni 2017, dan ketika ini masif aktif sebagai karyawan tetap dengan jabatan Supervisor. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, yang bersangkutan telah bekerja dengan baik.


Demikian surat keterangan aktif bekerja ini kami buat untuk Saudara Imam Wahyudi Utomo S.T., semoga sanggup dipakai sebaik-baiknya.


Banjarnegara, 14 November 2019


 


Risga Jordy Dewantara  S.E.


Direktur Utama


 



Contoh Surat Keterangan Magang


Surat keterangan magang bisa ditulis oleh kampus sebelum magang, maupun tempat magang ketika acara sedang berlangsung dan setelahnya.



PT. SUN FLOWER NUSANTARA Jalan Ikan Piranha No 7-9, Yogyakarta


 


SURAT KETERANGAN MAGANG


No: 98/UU/SKM/10/9/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini,


Nama: Bambang Yudianto I. M.Si.


NIP: 1089 6 76455


Jabatan: Kepala Personalia


Alamat: Jl. Terusan Sidoarjo Gang VIII No 13, Yogyakarta


Menerangkan bahwa:


Nama: Yanuar Adi Susanto


NIM: 1170005301


Fakultas: Teknik


Jurusan: Teknik Pengolahan Bahan Pangan


Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 31 Agustus 1998


Alamat: Perum Bumi Asri Blok F No 24, Yogyakarta


 


Yang disebut di atas yaitu mahasiswa Universitas Bina Bangsa Yogyakarta yang sedang menjalani proses magang di kantor PT. Sun Flower Nusantara pada belahan pengembangan sumber daya alam yang dimulai pada tanggal 8 April 2019 hingga ketika ini. Masa magang yang bersangkutan akan berakhir pada tangal 8 Januari 2020.


Demikian surat keterangan magang Saudara Yanuar Adi Susanto ini dibentuk untuk dipakai sebagaimana mestinya.


Yogyakarta, 13 Oktober 2019


PT. Sun Flower Nusantara


 


Bambang Yudianto I. M.Si.


Kepala Personalia


 



Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu


dokumen


Fungsi surat keterangan tidak bisa ketika ini sangat banyak. Surat ini menjadi syarat untuk pengajuan beasiswa bagi siswa yang kurang bisa di banyak sekali tempat. Tak jarang pula, beberapa rumah sakit masih memberlakukan SKTM untuk memberi dispensasi biaya pasien yang berobat.



PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA KECAMATAN KALIBENING


Alamat: Jalan Raya Kaliurang, Kalibening 53458.


Website: www.banjarnegarapm.com Email: bjnpm@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU


No: 67/SKTM/UU/8/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Kalibening, menandakan dengan bahwasanya bahwa,


Nama: YUDHA ARI ILHAM


Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 7 Juni 2002


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Sekolah: Sekolah Menengan Atas Islam Ar Rahmah Kalibening


Alamat: Jalan Raya Purwodadi Gang 7 No 23, Kalibening, Banjarnegara


 


Adalah benar merupakan anak dari:


Nama Bapak: Arfan Ahmad Ilham


Umur: 45


Pekerjaan: Wiraswasta


Alamat: Jalan Raya Purwodadi Gang 7 No 23, Kalibening, Banjarnegara


 


Nama Ibu: Sri Wahyuni Indah


Umur: 42


Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga


Alamat: Jalan Raya Purwodadi Gang 7 No 23, Kalibening, Banjarnegara


 


Sesuai pengamatan kami, keluarga yang bersangkutan tidak sanggup mencukupi kehidupan sehari-hari lantaran kondisi ekonomi lemah.


Atas dasar tersebut, maka kami menilai yang bersangkutan belum bisa membiayai semua biaya yang dibutuhkan dalam proses pendidikan anaknya. Oleh lantaran itu, yang bersangkutan berhak mengusulkan anaknya untuk mengikuti seleksi Beasiswa Bidik Misi.


Demikian Surat Keterangan Tidak Mampu ini kami buat sebagai salah satu syarat seleksi Beasiswa Bidik Misi yang bersangkutan.


Kalibening, 7 November 2019


 


Indra Yudi Ilham S. Ap.


 


Kepala Desa Kalibening


 



Contoh Surat Keterangan Usaha


dokumen


Surat keterangan perjuangan biasanya dibentuk oleh Kepala Desa atau Kelurahan setempat untuk menawarkan gosip bahwa perjuangan tersebut nyata, bukan fiktif belaka. Untuk menciptakan surat ini, dibutuhkan surat pengantar RT dan RW, Kartu Keluarga, surat pernyataan permohonan, dan juga KTP.


Contoh Surat Keterangan UMKM


Meskipun bukan perusahaan besar, UMKM juga penting dibuatkan sebuah surat keterangan usaha. Ini akan menciptakan perjuangan lebih kondusif dan masyarakat pun telah mengetahui keberadaannya.



PEMERINTAH KABUPATEN BANJARNEGARA KECAMATAN KALIBENING


Alamat: Jalan Raya Kaliurang, Kalibening 53458.


Website: www.banjarnegarapm.com Email: bjnpm@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN USAHA


No: 675/UU/SKU/8/002/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Ninda Fajar Indrayani S.E.


NIP: 198 7 654009


Jabatan: Camat Kalibening


Alamat: Jalan Terusan Saxophone Gang 8 No 90, Kalibening, Banjarnegara


 


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama Lengkap: Ahmad Indrawan Yudianto


Jenis Kelamin: Laki-laki


Agama: Islam


Status: Kawin


Nomor KTP: 33021747XXXXXX


Tempat, Tanggal Lahir: Banyumas, 19 Agustus 1987


Pekerjaan: Pedagang


Alamat: Jalan Loncat Indah No 76, Kalibening, Banjarnegara


Keperluan: Melengkapi persyaratan pengajuan pinjaman


 


Yang bersangkutan memang benar mempunyai perjuangan ‘Warung Sembako’ dengan nama ‘TOKO RIZQI’ yang bertempat di Jalan Basket No 7, Kalibening, Banjarnegara. Surat ini berlaku mulai tanggal 20 Oktober 2019 – 20 Januari 2020.


Demikian Surat Keterangan Usaha Warung Sembako milik Ahmad Indrawan Yudianto kami buat. Semoga sanggup dimanfaatkan sebaik mungkin.


 


Tanda Tangan Pemegang


 


Ahmad Indrawan Yudianto


 


Banjarnegara, 20 Oktober 2019


Camat Kalibening,


 


Ninda Fajar Indrayani S.E.


 


NIP: 198 7 654009


 



Contoh Surat Keterangan Wirausaha


Saat mencari modal usaha, seorang wirausahawan terkadang membutuhkan dukungan dari bank. Oleh lantaran itu, surat keterangan wirausaha biasanya dibutuhkan.



PEMERINTAH KOTA BUMI ASRI KECAMATAN GADING KASRI, KELURAHAN ARJOSARI


Alamat: Jalan Raya Arjosari, Gading Kasri, Bumi Asri, Kode Pos 56XXX


Telp. (+62) 899 7656 6454, Email: bumiasripm@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN WIRAUSAHA


No: 98/U/SKU/CC/0968/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri, dengan ini menandakan bahwa:


Nama: Citra Laksmi Indriyani S.E,


Tempat, Taggal Lahir: Banyumas, 14 Mei 1987


Nomor KTP: 30029754XXXXX


Jenis Kelamin: Perempuan


Agama: Islam


Alamat: Jalan Bayu Biru No 34, Arjosari, Gading Kasri


adalah benar-benar warga Kelurahan Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri.


Berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan, yang bersangkutan mempunyai dan menjalankan perjuangan minimarket berjulukan Toko Laris Abadi di wilayah Kelurahan Arjosari.


Surat Keterangan Wirausaha diterbitkan sebagai salah satu dokumen yang merupakan syarat Pengajuan Kredit ke forum keuangan Bank Bumi Asri Syariah.


Demikian ini kami sampaikan untuk sanggup dipergunakan oleh instansi yang berkepentingan.


 


Dikeluarkan di: Desa Arjosari


Pada tanggal: 13 November 2019


Lurah Arjosari,


Kecamatan Gading Kasri


 


Edi Sukarman Wirayudha S.T.


 


NIP: 109 755 764 8766


 



Contoh Surat Keterangan Usaha Untuk Pengajuan Kredit


Tak hanya pinjaman, SKU juga berfungsi untuk mengajukan kredit pada forum resmi.



PEMERINTAH KABUPATEN MOJOSARI KECAMATAN ORO-ORO OMBO, DESA KELAMPOK


Alamat: Jalan Perunggu Timur No 34, Kelampok, Oro-Oro Ombo, Kode Pos 56XXX


Telp. (+62) 833 774 78565, Email: kabmojosari@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN USAHA


No: 98/U/SKU/CC/0968/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, yaitu Kepala Desa Kelampok, Kecamatan Oro-Oro Ombo, wilayah Kabupaten Mojosari. Bersama dengan surat ini menandakan bahwa:


Nama: Ronald J. Sahetapi S.E,


Tempat, Taggal Lahir: Mojokerto, 20 Januari 1982


Nomor KTP: 346767900XXX


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Agama: Katolik


Alamat: Jalan Tebing Breksi Gang 9 No 35, Kelampok, Oro-Oro Ombo


adalah benar-benar warga Desa Kelampok, Kecamatan Oro-Oro Ombo, Kabupaten Mojosari.


Berdasarkan pengamatan yang telah kami lakukan, yang bersangkutan benar mempunyai perjuangan franchise berjulukan Donat Mini Yulia di wilayah Desa Kelampok. Surat Keterangan Usaha ini diterbitkan sebagai salah satu dokumen untuk syarat Pengajuan Kredit ke forum keuangan Bank Nusantara Syariah.


Demikian ini kami sampaikan untuk sanggup dipergunakan oleh instansi yang berkepentingan.


 


Dikeluarkan di: Desa Kelampok


Pada tanggal: 10 November 2019


Kepala Desa Kelampok


 


Farhan Yahya I.


 


Contoh Surat Keterangan Beda Nama


dokumen


Kesalahan penulisan nama pada salah satu kartu identitas bisa saja terjadi lantaran kurangnya kehati-hatian dan ketelitian. Namun, permasalahan ini bisa diselesaikan dengan sebuah surat keterangan beda nama.












PEMERINTAH KOTA BANDUNG


KECAMATAN LOSARI, KELURAHAN SALAMKANCI


Alamat: Jalan Terusan Sulfat Selatan No 56, Salamkanci, Losari. Kode Pos 35XXX


Telp. (+62) 853 664 7336, Email: pemkotbdg02@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN


No: 09/U/SKBN/II/0998/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Salamkanci, Kecamatan Losari, Bandung, dengan ini menandakan bahwa:


1.       Nama: Suratman Ali Firdaus


Tempat, Taggal Lahir: Bandung, 8 Oktober 1985


Nomor KTP: 300389009XXX


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Agama: Islam


Alamat: Jalan Loncat Indah Gang 9 No 35, Salamkanci, Losari.


Sesuai yang tercantum dalam KK Nomor 300958709XXX yang diterbitkan tanggal 14 Juli 2019 dan,


2.       Nama: Suratman Al Firdaus


Tempat, Taggal Lahir: Bandung, 8 Oktober 1985


 


Sesuai dengan yang tertera pada KTP dengan NIK 300389009XXX yang dikeluarkan pada tanggal 30 Agustus 2017, yaitu benar identitas penduduk Kelurahan Salamkanci, Losari. Kedua identitas tersebut yaitu orang yang sama (1 orang).


Demikian kami sampaikan surat keterangan ini biar sanggup dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Salamkanci, 15 November 2019


Lurah,


 


Ari Wiratno Wahyudi


NIP: 1083772887



Contoh Surat Keterangan Penghasilan


dokumen


Secara umum, fungsi surat ini yaitu untuk menawarkan keterangan rincian honor yang didapatkan oleh seseorang selama ia bekerja. Surat penting biasanya dibutuhkan untuk melamar beasiswa, atau mengajukan dukungan tertentu di forum resmi ibarat bank.


Contoh Surat Keterangan Penghasilan Pribadi


Contoh surat keterangan penghasilan pribadi berikut ini akan sanggup menawarkan citra terkait apa saja yang harus dicantumkan di dalamnya.



PT NUSA ANTARA INDONESIA Jl. Terusan Probolinggo No 67, Sleman, Yogyakarta


Telp: (+62) 7644 634 653, Fax: (0361) 65453


 


SURAT KETERANGAN PENGHASILAN


No: 0075/HRD-RM/VII/89/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Yuanita Rossa F. S.E


Alamat: Jalan Tugu Kota No 67, Yogyakarta


Jabatan: Direktur Utama


Dengan ini menandakan bahwa:


Nama: Nikita Ayu Dewi S.E


Alamat: Jalan Terusan Sidoarjo Gang 9 No 23, Yogyakarta


Jabatan: Staf Divisi Keuangan


 


Benar merupakan karyawan yang bekerja pada PT Nusa Antara Indonesia. Sesuai data yang ada di perusahaan kami, yang bersangkutan mempunyai rincian penghasilan sebagai berikut:


Gaji pokok: Rp3.500.000,00


Tunjangan transportasi: Rp500.000,00


Tunjangan makan: Rp1.000.000,00


Potongan-Potongan: Rp400.000,00


Sehingga total Take Home Pay untuk yang bersangkutan yaitu sebesar Rp4.600.000,00 (empat juta enam ratus ribu rupiah).


Demikian kami sampaikan surat keterangan ini, semoga sanggup dimanfaatkan dengan baik sebagaimana mestinya.


Yogyakarta, 13 November 2019


PT Nusa Antara Indonesia


 


Yuanita Rossa F. S.E


 


Direktur Utama


 



Contoh Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua


Ada beberapa keperluan yang biasanya mewajibkan adanya surat ini. Misalnya ketika seorang mahasiswa gres masuk kuliah dan pihak kampus akan tetapkan UKT. Surat ini juga bisa dipakai untuk mengajukan beasiswa.



PEMERINTAH KOTA BUMI ASRI KECAMATAN GADING KASRI, KELURAHAN ARJOSARI


Alamat: Jalan Raya Arjosari, Gading Kasri, Bumi Asri, Kode Pos 56XXX


Telp. (+62) 899 7656 6454, Email: bumiasripm@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN PENGHASILAN ORANG TUA


No: 08/II/SKPOT/99/0956/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri, dengan ini menandakan bahwa:


 


Nama Ayah: Arif Budi Utomo


Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 30 Oktober 1971


Pekerjaan: Karyawan Swasta


Agama: Islam


Alamat: Jalan Sumbersari Gang 9 No 45, Arjosari, Bumi Asri


 


Nama Ibu: Niar Arini Indah


Tempat, Tanggal Lahir: Magelang, 15 Febriari 1973


Pekerjaan: Ibu Rumah Tangga


Agama: Islam


Alamat: Jalan Sumbersari Gang 9 No 45, Arjosari, Bumi Asri


 


Adalah benar orang renta kandung dari:


Nama: M. Ihsan Rosyadi


Tempat, Tanggal Lahir: Bumi Asri, 8 November 2000


Pekerjaan: Mahasiswa


NIM: 11807838002


Alamat: Jalan Sumbersari Gang 9 No 45, Arjosari, Bumi Asri


 


Benar yang namanya tersebut di atas yaitu penduduk Arjosari, Kecamatan Gading Kasri, Kota Bumi Asri. Menurut pengamatan kami, penghasilan kedua orang renta yang bersangkutan dalam sebulan kalau digabungkan yaitu sebesar Rp2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Mereka juga menanggung 3 anak selain yang bersangkutan, dan semuanya masih dalam usia sekolah.


Demikian kami sampaikan surat keterangan penghasilan ini untuk melengkapi salah satu dokumen persyaratan Beasiswa Tepat Sasaran. Terima kasih.


Lurah Arjosari,


Kecamatan Gading Kasri


 


Edi Sukarman Wirayudha S.T.


 


NIP: 109 755 764 8766


 



Contoh Surat Keterangan Domisili


dokumen


Surat yang dikeluarkan oleh pihak berwenang dalam suatu tempat ini isinya menandakan ihwal kebenaran domisili dan status tempat tinggal seseorang maupun sebuah tubuh usaha.


Contoh Surat Keterangan Domisili Perusahaan


Salah satu contoh surat keterangan perusahaan yang biasanya dibutuhkan yaitu surat yang memperlihatkan legalitas domisili. Pembuatan NPWP dan rekening bank untuk perusahaan biasanya mewajibkan kepemilikan atas surat ini.



PEMERINTAH KOTA BANDUNG KECAMATAN LOSARI, KELURAHAN SALAMKANCI


Alamat: Jalan Terusan Sulfat Selatan No 56, Salamkanci, Losari. Kode Pos 35XXX


Telp. (+62) 853 664 7336, Email: pemkotbdg02@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN DOMISILI PERUSAHAAN


No: 11/O/SKDP/XI/0287/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Salamkanci, Kecamatan Losari, Bandung, dengan ini menandakan bahwa:


Nama: Farhan Yudha Pratama S.E.


Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 3 Oktober 1986


Jenis Kelamin: Laki-laki


Agama: Islam


Kewarganegaraan: Indonesia


No KTP: 1003882990XXXX


Pekerjaan: Wiraswasta


Alamat tempat tinggal: Perum Mutiara Biru Residence Blok D No 41, Salamkanci, Bandung


 


Benar ketika ini membuka atau mempunyai perjuangan sebagai berikut:


Nama Perusahaan: PT BINA BANGSA NUSANTARA


Jenis Usaha: Jual Beli Barang Elektronik


Alamat Usaha: Jalan Terompet No 7-8, Salamkanci, Bandung


No. Telp Perusahaan: (+62) 668 638 73632


Status Bangunan: SHM


No. Akte Pendirian Perusahaan: 091/UY/SHM/93638


SK Pengesahan Kehakiman: Belum Ada


Penanggung Jawab: Farhan Yudha Pratama S.E.


 


Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Domisili Perusahaan ini, sebagai salah satu persyaratan pembukaan rekening Bank untuk perusahaan yang bersangkutan, serta menciptakan NPWP untuk perusahaan tersebut.


Salamkanci, 15 November 2019


Lurah,


 


Ari Wiratno Wahyudi


 


NIP: 1083772887


 



Contoh Surat Keterangan Domisili Pribadi


Untuk pengajuan KPR maupun kredit lain, surat ini juga akan dibutuhkan. Surat Keterangan Domisili pribadi bisa dibuatkan oleh Lurah setempat.



PEMERINTAH KOTA MALANG KECAMATAN LOWOKWARU, KELURAHAN MOJOLANGU


Alamat: Jalan Kyai Haji Yusuf No 7, Mojolangu, Lowokwaru, Kode Pos 14XXX


Telp. (+62) 822 1678 8569, Email: admojolangu@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN DOMISILI


No: 08/UU/SKD/99/0106/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini, Lurah Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, dengan ini menandakan bahwa:


Nama: Rizal Ardian Saputra S.E


Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 17 Agustus 1978


Jenis Kelamin: Laki-laki


Agama: Islam


Status: Menikah


Pekerjaan: Wiraswasta


Alamat: Perum Patraland Blok I No 56, Lowokwaru, Malang


 


Benar yaitu penduduk Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Yang bersangkutan telah berdomisili di wilayah ini semenjak Juli 2017.


Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Domisili ini sebagai salah satu syarat pembuatan rekening di Bank Nusantara Syariah.


Malang, 14 November 2019


Lurah Mojolangu,


 


Danial Yudi S. S.E.


 


NIP: 1009898 7 54


 



Contoh Surat Keterangan Sehat


dokumen


Saat akan mengurus SIM, para peserta ujian SIM biasanya diminta memeriksakan kesehatan dulu. Setelah itu, mereka akan mendapat surat keterangan sehat yang menjadi salah satu syarat diterimanya pengajuan pembuatan SIM. Selain untuk mengurus SIM, surat ini juga berlaku untuk mengurus izin perjalanan, dan sebagainya.



DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA RUMAH SAKIT SENTOSA NUSANTARA


Jalan Budi Utomo No 7-9, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Blimbing, Kota Surakarta


Telp (+62) 656 6375 645789


 


SURAT KETERANGAN BERBADAN SEHAT


No: 78/094/SKBS/UU/9/2019


 


Yang bertandatangan dibawah ini menandakan bahwa:


Nama: Ferry Nandar Kusuma


Jenis Kelamin: Laki-laki


Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 13 Mei 1988


Pekerjaan: Karyawan PT Anugerah Bulan Purnama


Alamat: Jalan Temu Ireng Gang VI No 87, Surakarta


Telah diperiksa kesehatan badannya untuk keperluan Pembuatan Surat Izin Mengendara (SIM).


Yang bersangkutan dinyatakan SEHAT dan TIDAK BERCACAT *)


 


Catatan:


TD: XX mmHg


Berat Badan: 65 kg


Tinggi Badan: 170 cm


Gol. Darah: O


Buta Warna: –


Surakarta, 14 November 2019


RS Sentosa Nusantara


 


dr Gita Hayu Acynthia


 


NIP: 193796 5 37


 



Contoh Surat Keterangan Sakit


dokumen


Setiap forum formal niscaya membutuhkan surat resmi untuk setiap perizinan. Jika seorang karyawan sedang sakit dan butuh waktu untuk beristirahat di rumah, maka izinnya perlu disertai dokumen ibarat contoh surat keterangan sakit ini.



DEPARTEMEN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA RUMAH SAKIT SENTOSA NUSANTARA


Jalan Budi Utomo No 7-9, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Blimbing, Kota Surakarta


Telp (+62) 656 6375 645789


 


SURAT KETERANGAN


No: 79/094/SKS/UU/9/2019


 


Yang bertandatangan dibawah ini menandakan bahwa:


Nama: Diah Ayu Wulandari S.Pd


Jenis Kelamin: Perempuan


Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 3 Agustus 1990


Pekerjaan: Guru SDN 03 Blimbing, Surakarta


Alamat: Perumahan Bumi Palapa Blok M No 7, Surakarta


Saat ini dalam kondisi SAKIT, dan perlu diberikan ISTIRAHAT selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 14 November hingga 16 November 2019.


Demikian kami memberikan surat keterangan ini untuk keperluan perizinan yang bersangkutan.


Surakarta, 14 November 2019


RS Sentosa Nusantara


 


dr Yunita Risa Arini Sp.PD


 


NIP: 193796 5 37


 



Contoh Surat Keterangan Ahli Waris


dokumen


Agar tak terjadi kesalahan dalam pembagian hak waris, biasanya pemda setempat akan mengeluarkan surat keterangan ini. Nantinya surat ini sanggup dipakai dalam mengurus banyak sekali hal terkait warisan.



PEMERINTAH KOTA MALANG KECAMATAN LOWOKWARU, KELURAHAN MOJOLANGU


Alamat: Jalan Kyai Haji Yusuf No 7, Mojolangu, Lowokwaru, Kode Pos 14XXX


Telp. (+62) 822 1678 8569, Email: admojolangu@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN AHLI WARIS


No: 17/UU/SKAW/107/0107/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Danial Yudi S. S.E.


NIP: 1009898 7 54


Jabatan: Lurah Mojolangu


Menerangkan dengan bahwasanya bahwa:


Nama Lengkap: M. Suratman Wicaksono


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 14 Juni 1959


Agama: Islam


Pekerjaan: Wiraswasta


Alamat: Jl. Atletik No 8, Tasikmadu


Nama tersebut di atas benar telah meninggal dunia pada hari Sabtu, tanggal 9 November 2019 di Mojolangu. Sebagai hebat warisnya yaitu sebagai berikut:















































NoNama Ahli WarisJenis KelaminUmurHubungan Dalam Keluarga
1Sri Wahyuni AimanPerempuan57Istri
2Raka Bumi BachtiarLaki-Laki34Anak
3Diandra Dewi BachtiarPerempuan30Anak
4Nisa Yuni BachtiarPerempuan28Anak
5Doni Yudi BachtiarLaki-Laki24Anak

 


Demikian kami memberikan surat keterangan hebat waris ini, semoga sanggup dipakai sebaik-baiknya.


Malang, 14 November 2019


Lurah Mojolangu,


 


Danial Yudi S. S.E.


 


NIP: 1009898 7 54


 



Contoh Surat Keterangan Status Pernikahan


dokumen


Pada ketika akan menikah, biasanya pihak catatan sipil akan meminta beberapa dokumen, salah satunya yaitu surat keterangan belum menikah. Surat ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada penipuan dalam status perkawinan.



PEMERINTAH KOTA BOYOLALI KECAMATAN GONDANG LEGI, KELURAHAN PATI


Alamat: Jalan Kyai Haji Agus Salim No 11, Pati, Gondang Legi, Kode Pos 346XX


Telp. (+62) 833 645 64498, Email: patigdglg@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH


No: 16/CC/SKBM/109/0178/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Firman Adi Yuwono S.Ap


NIP: 1004543 6 54


Jabatan: Lurah Pati


 


Menerangkan dengan bahwasanya bahwa:


Nama Lengkap: Firdaus Pratama A.


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 19 Juni 1992


Agama: Islam


Pekerjaan: Wiraswasta


Alamat: Jl. Terusan Tenaga Dalam Gang IX No 78, Pati, Boyolali


 


Yang bersangkutan di atas benar-benar penduduk Kelurahan Pati, Kecamatan Gondang Legi, Kota Boyolali. Pada ketika surat ini diterbitkan, yang bersangkutan dinyatakan belum menikah.


Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Belum Menikah ini sebagai salah satu dokumen syarat lamaran kerja.


Boyolali, 14 November 2019


Lurah Pati,


 


Firman Adi Yuwono S.Ap


 


NIP: 1004543 6 54


 



Contoh Surat Keterangan Kelahiran


dokumen


Surat ini sangat penting, dan dihentikan hilang terutama sebelum mengurus sertifikat kelahiran. Hal ini terjadi lantaran dokumen ini merupakan salah satu syarat diterbitkannya sertifikat kelahiran.



BIDAN PRAKTEK MANDIRI DIANA NUR FITRIANI AMD. KEB


Sip No. 458.3/0023/03/10/SIPB/Dinkes/2019


Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung, Telp: (+62) 988 8775 64576


 


SURAT KETERANGAN LAHIR


No: SKL/C/456/II/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Diana Nur Fitriani Amd. Keb


Jabatan: Kepala Bidan


Alamat: Jalan Panji Soeroso Gang 2 No 98, Bandung


 


Menerangkan bahwa:


Nama: Ninda Fitri Yuniati


Umur: 25 tahun


Nama Suami: Syafrizal Yanuar M.


Umur: 25 tahun


Pekerjaan Suami: Guru


Alamat: Perum Bumi Budaya Blok A No 78, Bandung


 


Benar telah melahirkan seorang anak dengan selamat pada:


Hari, Tanggal: Rabu, 12 Juli 2019


Jam: 05.45 WIB


Jenis Kelamin Laki-Laki


Anak tersebut yaitu anak ke-1 (pertama) dan diberi nama:


 


Hasan Yudi Muhammad


 


Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Kelahiran ini, semoga sanggup dimanfaatkan sebaik-baiknya.


Bandung, 13 November 2019


Bidan Praktek Mandiri,


 


Diana Nur Fitriani Amd. Keb


 


Kepala Bidan


 



Contoh Surat Keterangan Kematian


dokumen


Saat ini keberadaan surat keterangan janjkematian mempunyai banyak fungsi. Misalnya untuk memastikan status cerai mati, maupun pemberhentian kartu BPJS.



PEMERINTAH KOTA BOYOLALI KECAMATAN GONDANG LEGI, KELURAHAN PATI


Alamat: Jalan Kyai Haji Agus Salim No 11, Pati, Gondang Legi, Kode Pos 346XX


Telp. (+62) 833 645 64498, Email: patigdglg@yahoo.com


 


SURAT KETERANGAN KEMATIAN


No: 11/II/SKKE/198/0192/2019


 


Yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama: Firman Adi Yuwono S.Ap


NIP: 1004543 6 54


Jabatan: Lurah Pati


 


Menerangkan dengan bahwasanya bahwa:


Nama Lengkap: Widianto Tarliman S.


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 23 Juli 1964


Agama: Islam


Pekerjaan Terakhir: Pensiunan Guru


Alamat: Perum De Fatih Blok F No 68, Pati, Boyolali


 


Menurut sepengetahuan kami benar telah meninggal dunia pada:


Hari: Jumat


Tanggal: 15 November 2019


Disebabkan oleh: Sakit


Di: RS Ampel Dento Boyolali


 


Demikian kami sampaikan Surat Keterangan Kematian ini dengan sesungguhnya. Semoga sanggup dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.


Boyolali, 14 November 2019


Lurah Pati,


 


Firman Adi Yuwono S.Ap


 


NIP: 1004543 6 54


 



Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba


dokumen


Beberapa perusahaan tertentu mewajibkan adanya surat keterangan bebas narkoba untuk para calon pelamar pekerjaan. Cara mendapatkannya pun tidak sulit, lantaran bisa pribadi diurus di Laboratorium Uji Narkoba.



BADAN NARKOTIKA NASIONAL BALAI LABORATORIUM NARKOBA


 


SURAT HASIL ANALISIS LABORATORIUM


Nomor: N/67/II/890-23/BALAI LAB


 


Berdasarkan hasil pengujian dan analisis Laboratorium Uji Narkoba yang telah dilakukan terhadap sampel urine atas nama:


Nama: Vita Yuniar Rahmawati


Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 13 Juli 1990


No KTP: 30882817XXXXX


Jenis Kelamin: Perempuan


Pekerjaan: Karyawan Swasta


Alamat: Perum Bumi Palapa Blok K No 34, Jakarta Selatan


No. Sampel: 67 – B4


Sampel Diterima: 14 November 2019 Pukul 09.30


Asal Sampel: Diambil di Balai Laboratorium Narkoba BNN


Pengujian dan Analisis Selesai: 14 November 2019 Pukul 11.30


Tujuan: Syarat Melamar Pekerjaan


 


Pada pengujian dan analisis ketika ini didapatkan hasil yaitu Negatif ( – ), benar terbukti tidak mengandung narkotika maupun obat-obatan terlarang. Pengujian dan analisis terhadap golongan narkoba ini terdiri dari: THC, Metamfetamin, Cocaine, Opium, Amfetamin dan Benzodiazepin.


Pengujian dan analisis ini dilakukan atas permohonan dari: Vita Yuniar Rahmawati


 


Demikian hasil pengujian dan analisis Laboratorium Uji Narkoba ini dikeluarkan untuk dipakai sesuai keperluan.


Surat keterangan ini berlaku mulai tanggal 14 November 2019 hingga 14 Januari 2020. Dengan catatan selama yang bersangkutan tidak melaksanakan pelanggaran penyalahgunaan narkoba.


Jakarta, 14 November 2019


Kepala Balai Laboratorium Narkoba BNN


 


Naya Tiara A. S.Si, M.Si


 


NIP: 19872 87 9766767


 



Contoh Surat Keterangan Lulus


dokumen


Mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus lewat yudisium tapi belum mendapat ijazah biasanya tetap bisa melamar kerja. Caranya yaitu dengan melampirkan surat keterangan lulus ibarat contoh ini.



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NUSANTARA MADIUN, FAKULTAS MIPA


Jl. Nusa Kambangan No 5, Madiun


Telp: +62 833 644 643 74, Website: www.unnmadiun.ac.id , Email: admin@unnmadiun.ac.id


 


SURAT KETERANGAN LULUS


No: 12/Dek/SKL/XXII/2019


 


Dekan Fakultas MIPA, Universitas Nusantara Madiun menandakan bahwa:


Nama: Pandu Ari Budianto


Tempat, Tanggal Lahir: Madiun, 28 November 1996


NIM: 40179738009


Fakultas: MIPA


Program Studi: Pendidikan Biologi


Jenjang: Strata 1 (S1)


Akreditasi Institusi: Terakreditasi A


Akreditasi Prodi: Terakreditasi A


 


Telah dinyatakan LULUS menurut keputusan rapat yudisium yang telah dilaksanakan pada:


Semester: Genap


Tahun Akademik: 2018/2019


Tanggal Lulus: 7 Juni 2019


Tanggal Yudisium: 3 Agustus 2019


Nilai Skripsi: A


IPK: 3,67


Total SKS: 147


Predikat Kelulusan: Dengan Pujian


 


Surat keterangan ini dibentuk dan diberikan sebagai pengganti Ijazah Asli yang masih dalam proses penyelesaian. Surat ini berlaku hingga dengan tanggal diterimanya ijazah.


Demikian kami sampaikan surat keterangan ini, semoga sanggup dipakai dengan sebaik-baiknya.


Diterbitkan di: Madiun


Pada Tanggal: 13 November 2019


 


Dr. Fitria Ayu Puspita S.Si M.Si


 


Dekan Fakultas MIPA


 



Contoh Surat Keterangan Kelakuan Baik


dokumen


Meskipun seseorang dinilai berkelakuan baik oleh warga sekitar, tetapi tetap dibutuhkan dokumen legal kalau ingin melamar pekerjaan. Surat ini biasanya diterbitkan oleh kepolisian.



POLRI DAERAH JAWA TENGAH RESOR PEMALANG


SEKTOR PEMALANG


Jalan Ahmad Yani Selatan 66, Pemalang 52312


 


SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN


POLICE RECORD


No SKCK / YANMAS / 2392 / V / 2019 /SEK PML


 


Diterangkan bersama ini bahwa:


Nama: Irwan Chandra Adi


Jenis Kelamin: Laki-Laki


Kebangsaan: Indonesia


Agama: Islam


Tempat, Tanggal Lahir: Surakarta, 23 Januari 1992


Tempat Tinggal Sekarang: Perum Bumi Bangsa Blok B No 32, Pemalang


Pekerjaan: Wiraswasta


Nomor Kartu Tanda Penduduk: 332688866XXX


Nomor Paspor/KITAS/KITAP: –


Rumus Sidik Jari:


 


Setelah diadakan penelitian hingga ketika dikeluarkannya surat keterangan ini, yang didasarkan kepada:


a.       Catatan kepolisian yang ada


b.       Surat Keterangan (Catatan) dari Kepala Desa (bagi yang tinggal di kabupaten) atau Lurah (bagi yang tinggal di kota)


Bahwa nama yang tersebut di atas tidak terlibat ataupun mempunyai catatan kriminal apapun.


Selama ia berada di Indonesia dari: 23 Januari 1992


Sampai dengan: 13 November 2019


 


Keterangan ini diberikan berafiliasi dengan permohonan


Untuk keperluan: MELAMAR PEKERJAAN DI WILAYAH INDONESIA


Berlaku dari tanggal: 13 November 2019


Sampai tanggal: 13 Februari 2019


Dikeluarkan di: Pemalang


Pada Tanggal: 13 November 2019


Kepala Kepolisian Sektor Pemalang


 


Budianto Yanuar S.H.


 


Ajun Komisaris Polisi NRP 6457675


 



Memanfaatkan Surat Keterangan Untuk Berbagai Keperluan


dokumen


Karena surat keterangan bersifat formal, banyak keperluan bisa teratasi dengan memakai surat ini. Masyarakat bisa memakai surat keterangan berkelakuan baik untuk melamar pekerjaan. Surat keterangan tidak bisa (SKTM) sanggup dijadikan dokumen perhiasan untuk dispensasi berobat maupun melamar beasiswa. Sementara itu, surat keterangan kerja bisa dipakai untuk pengajuan kredit ke bank.


Dibandingkan dengan surat pernyataan pribadi, biasanya surat keterangan lebih gampang diterima. Hal ini terjadi lantaran dalam pembuatan surat keterangan, ada lebih dari satu orang saksi yang mengesahkan surat tersebut. Apalagi, ibarat sanggup dilihat di banyak sekali contoh surat keterangan yang ada, dokumen ini selalu dibentuk oleh forum resmi. Dengan demikian, keabsahannya lebih terjamin.


Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Semoga bermanfaat dan menawarkan tambahan wawasan.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post