Iklan Adalah
– Pernahkah kau melihat sebuah iklan yang terpampang di jalan, di televisi, atau di media sosial? Atau pernahkah kau memperkenalkan produk atau jasa yang kau miliki? Kedua hal tersebut merupakan bentuk dari iklan. Lalu, apa pengertian iklan? Iklan yaitu cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan kepada khalayak publik mengenai produk atau jasa yang kita miliki.
Dalam melaksanakan sebuah promosi selling atau iklan, diharapkan cara yang baik dan benar biar produk atau jasa yang kau miliki sanggup menarik minat seseorang. Sebab itu, diharapkan teknik dalam menjual atau mengiklankan sebuah produk. Dalam artikel ini, terdapat ciri, jenis, manfaat, tujuan, serta pola iklan untuk mengetahui lebih lanjut ihwal pengertian iklan.
Pengertian Iklan
Pada umumnya, pengertian iklan yaitu sebuah cara yang biasa dilakukan oleh forum instansi atau para perusahaan kepada khalayak ramai untuk mempromosikan produk atau memperlihatkan jasa yang dimilikinya. Dalam melaksanakan iklan atau promosi tentu diharapkan suatu hal yang bisa menarik minat seseorang. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memperhatikan penampilan iklan, cara mempromosikan, serta gaya komunikasi terhadap masyarakat luas, dan lain sebagainya.
Pesan yang terkandung dalam sebuah iklan harus berisi ajakan, bujukan, serta dorongan masyarakat biar tertarik membeli produk atau menggunakan jasa yang telah ditawarkan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari melaksanakan iklan, yakni untuk menarik perhatian masyarakat. Sehingga mereka akan membeli atau menciptakan perusahaan menjadi untung.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Jika Anda masih belum bisa memahami pengertian iklan secara umum, berikut ini terdapat beberapa pengertian iklan berdasarkan gagasan para ahli. Definisi yang dikemukakan para mahir ditulis kembali dalam artikel ini dengan gaya bahasa yang berbeda, namun tidak mengurangi makna dari penulis aslinya. Di antaranya ibarat berikut ini,
1. Rhenald Kasali
Pengertian iklan berdasarkan gagasan yang disampaikan oleh Rhenald Kasali yaitu:
Iklan yaitu sebuah pesan yang ditujukan untuk mempromosikan sebuah jasa atau produk kepada khalayak ramai dengan menggunakan media.
2. Courtland L. Bovee
Courtland L. Bovee memberikan gagasan mengenai pengertian iklan ibarat berikut:
Iklan yaitu suatu cara yang dilakukan oleh non personal dalam berkomunikasi, yang sifatnya persuasif (mengajak). Komunikasi yang dilakukan mengenai ide, jasa, produk, serta banyak sekali sponsor yang dimuat lewat majemuk media.
3. Kotler
Pengertian iklan berdasarkan gagasan yang disampaikan oleh Kotler yaitu:
Iklan merupakan sebuah bentuk yang ditujukan untuk mempromosikan dan menyajikan produk, jasa, serta inspirasi terhadap sponsor yang dilakukan secara personal. Dimana dalam menayangkan sebuah iklan tersebut dibutuhkan biaya untuk membayar media yang telah menayangkannya.
4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan mengenai pengertian iklan yaitu:
Iklan merupakan sebuah informasi atau pesan yang ditujukan kepada khalayak ramai, untuk menarik perhatian terhadap produk atau jasa yang dipromosikan.
Ciri-Ciri Iklan
Untuk mengenali iklan dari produk yang ditawarkan, kita harus mengetahui ciri-ciri melaksanakan iklan. Ciri-ciri iklan tersebut menjadi sebuah pembeda antara promosi dengan pesan yang berisi informasi biasa. Berikut ini merupakan ciri-ciri iklan secara umum di antaranya adalah:
- Penyampaian pesan dilakukan secara informatif dan komunikatif
- Menjelaskan keunggulan produk dan laba jasa kepada khalayak ramai
- Menggunakan bahasa yang tepat, baik, sopan, logis sehingga masyarakat bisa mengerti informasi yang diberikan
- Penyampaian iklan menggunakannya kalimat persuasif atau mengajak seseorang untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang diiklankan.
Syarat Melakukan Iklan
Dalam pembuatan iklan tidak eksklusif dimunculkan begitu saja. Melainkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini merupakan syarat-syarat dalam melaksanakan iklan biar gampang diterima masyarakat, di antaranya adalah:
- Informasi pada iklan haruslah padat, terperinci serta komunikatif. Sehingga gampang dipahami oleh masyarakat luas
- Iklan yang ditayangkan harus bersifat jujur, objektif, serta proposional
- Dalam melaksanakan iklan dihentikan merendahkan, menyakiti, serta menyinggung produk atau jasa dari banyak sekali pihak lainnya
- Iklan harus dikemas secara rapi dan bagus, biar bisa menarik perhatian khalayak ramai.
Tujuan Iklan
Pada dasarnya setiap pembentukan iklan mempunyai tujuannya masing-masing. Seperti hal yang telah dijelaskan, bahwa tujuan utama melaksanakan iklan yaitu untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang dimiliki. Untuk mengetahui banyak sekali tujuan iklan dengan lengkap, di antaranya ibarat berikut ini,
- Memberikan bujukan atau dorongan dengan sesuatu yang menarik biar masyarakat minat membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
- Memberi informasi kepada khalayak ramai mengenai inspirasi atau merek yang dimiliki perusahaan dengan pesan yang bersifat persuasif.
- Menunjukkan kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan terhadap khalayak publik.
- Mempengaruhi masyarakat yang menjadi sasaran pasar perusahaan.
- Mengenalkan produk atau jasa yang ditawarkan, hingga menjadi produk atau jasa yang populer dan trending.
Manfaat Iklan
Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari melaksanakan periklanan produk. Bukan hanya menguntungkan bagi si pembuat iklan, melainkan terdapat beberapa manfaat lainnya yang terurai ibarat berikut:
- Meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa yang ditawarkan
- Jasa atau produk yang ditawarkan semakin dikenal luas oleh masyarakat, sehingga ada banyak konsumen gres yang ikut tertarik
- Masyarakat lebih gampang mengidentifikasi produk yang ditawarkan, alasannya yaitu merek merk awareness yang terkenal
- Memberikan laba bagi si menciptakan iklan, dan perusahaan pemilik produk atau jasa yang telah diiklankan.
Jenis-jenis Iklan
Iklan mempunyai jenis yang seringkali kita temui dalam kehidupan. Adapun jenis-jenis iklan dilihat berdasarkan media iklan, isi iklan, serta sifat iklan yang ditampilkan. Berikut ini di antaranya,
A. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya
Ada beberapa jenis iklan yang dibedakan sesuai dengan tujuannya masing-masing. Jenis iklan ini terbagi menjadi dua yaitu iklan komersial serta iklan non komersial. Berikut ini merupakan penjelasannya,
1. Iklan Komersial
Iklan komersial merupakan iklan yang bertujuan untuk mendapat laba dengan meningkatkan penjualan produk atau pemakaian jasa yang ditawarkan. Iklan komersial terbagi menjadi tiga cuilan di antaranya adalah:
Iklan konsumen: yaitu iklan suatu produk yang ditujukan untuk konsumen akhir.
Iklan Bisnis: yaitu iklan yang ditujukan kepada seseorang atau pihak yang bisa mengolah produk dan menjualnya kepada konsumen.
Iklan Profesional: yaitu iklan yang ditujukan untuk pihak profesional dalam hal segmen tertentu.
2. Iklan Non-Komersial
iklan non komersial merupakan iklan yang tidak ditujukan untuk mendapat laba semata, melainkan sebuah iklan yang memberikan pesan atau informasi kepada khalayak ramai. Pesan tersebut berupa nasehat atau permintaan yang mengedukasi masyarakat. Adapun manfaat dari iklan non komersial ini yaitu, menciptakan perubahan sikap masyarakat mengenai suatu isu, memberikan kesadaran pada masyarakat, dan pengetahuan lainnya.
B. Jenis Iklan Berdasarkan Penggunaan Media
Jenis iklan yang dibedakan berdasarkan media yang dipakai terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan iklan yang menggunakan media cetak, dan iklan yang menggunakan media elektronik. Berikut ini penjelasannya,
1. Iklan Media Cetak
Iklan cetak merupakan jenis iklan yang menggunakan media cetak untuk memberikan informasi atau pesan kepada masyarakat. Teknik cetak yang dipakai dalam iklan ini biasanya berupa letterpress, sablon, laser dan lain sebagainya. Adapun media cetak dalam beriklan, di antaranya berbentuk majalah, tabloid, stiker, surat kabar, poster, dan lain sebagainya.
2. Iklan Media Elektronik
Iklan yang menggunakan media elektronik, merupakan iklan yang memberikan informasi atau pesan melalui film, radio, internet, dan media digital lainnya. Adapun cara memberikan pesan dalam iklan elektronik berbeda-beda, di antaranya sebagai berikut:
- Iklan film: iklan film merupakan iklan yang mempromosikan sebuah cinema. Biasanya untuk memberitahu khalayak ramai mengenai film tersebut, maka kita bisa melihat sebuah iklan berbentuk Thriller (sinopsis film), endorsment, dan live action.
- Iklan luar ruang: iklan ruang merupakan jenis iklan yang memberikan informasi kepada khalayak publik dalam luar ruangan.
- Iklan pada televisi: untuk memberikan pesan iklan pada televisi, maka dibutuhkan unsur gerak, suara, gambar, dan teks yang memberikan informasi kepada khalayak publik. Sedangkan untuk mendapat informasi dalam iklan tersebut, kita harus melihat dan mendengar apa yang disampaikan.
- Iklan media digital (internet): iklan ini biasanya tayang di halaman media online mempunyai banyak pengunjung. Biasanya iklan ini berada di media digital seperti, website, search engine, sponsorship, banner dan button, ads, email marketing, dan lain sebagainya.
- Iklan pada radio: penyampaian iklan elektronik yang dilakukan menggunakan media radio yakni dengan bersuara. Adapun untuk mendapat informasi dalam iklan tersebut maka anda akan cukup mendengarnya.
C. Jenis Iklan Berdasarkan Isi
Jenis iklan yang dilihat berdasarkan isinya, terbagi menjadi dua, yaitu iklan penawaran (niaga), iklan layanan masyarakat, dan iklan pemberitahuan (pengumuman). Berikut ini penjelasannya
1. Iklan Penawaran (Niaga)
Iklan niaga atau iklan penawaran merupakan jenis iklan yang memberikan informasi atau pesan kepada khalayak ramai untuk mengenalkan produk dan jasa. Sehingga akan ada banyak orang yang ingin mencoba produk atau jasa tersebut. Biasanya iklan jenis penawaran ini, bertujuan untuk mendapat laba dari penjualan.
2. Iklan Layanan Masyarkat
Jenis iklan layanan masyarakat merupakan sebuah informasi atau pesan yang ditujukan kepada masyarakat untuk memberikan pencerahan mengenai isu atau banyak sekali hal lainnya. Biasanya jenis iklan yang satu ini dibentuk oleh instansi pemerintah atau forum organisasi lainnya.
3. Iklan Pengumuman/Pemberitahuan
Sesuai dengan namanya, jenis iklan yang satu ini ditujukan untuk memberikan informasi berupa pengumuman atau pemberitahuan kepada khalayak ramai, dengan cara yang menarik.
Contoh Iklan Berdasarkan Jenisnya
Setelah mengetahui banyak sekali jenis iklan, berikut ini terdapat beberapa pola iklan yang dibedakan berdasarkan jenisnya. Di antaranya adalah,
Contoh iklan niaga atau iklan penawaran, di antaranya:
- Mempromosikan produk yang ditawarkan seperti:
- Smartphone
- Baju
- Tas
- Sepatu
- Alat kosmetik
- Kendaraan (mobil atau motor)
- Makanan (camilan, Snack)
- Pakaian
- Menawarkan jasa yang tersedia, seperti,
- Antar-jemput orang
- Antar-jemput benda
- Antar-jemput makanan
- Sedot WC
- Jasa MC (Pembawa Acara)
- Jasa Travel
Contoh iklan layanan masyarakat di antaranya,
- Iklan Pendidikan (berisi pentingnya pendidikan)
- Iklan Kesehatan (berisi pentingnya menjaga kesehatan/ cara menjaga kesehatan)
- Iklan Narkoba (berisi bahayanya mengkonsumsi narkoba)
Contoh iklan pemberitahuan di antaranya adalah,
- Iklan perkumpulan organisasi
- Iklan kegiatan buka bersama alumni sekolah
- Iklan penyampaian informasi informasi duka
Contoh iklan yang ada di radio di antaranya,
- Sponsor program
- Spot
- Ad-lib
Contoh iklan yang ada di televisi di antaranya adalah,
- Musik
- Sponsor program
- Animation
- Live action
- Running text
- Backdrop
- Stop action
- Credit title
- Live action
- Superimposed
- Ad-lib
- Promo ad
Contoh iklan luar ruang di antaranya adalah:
- Mobile billboard
- Outdoor standar
- Display
- Iklan transit
Contoh iklan non komersial di antaranya adalah
- Iklan global warming
- Iklan pendidikan
- Iklan keluarga berencana
- Iklan pencegahan demam berdarah
Pengertian iklan sangat penting untuk kita ketahui, biar kita bisa membedakan informasi biasa dengan kalimat ajakan. Saat ini, memasang iklan sudah lebih gampang alasannya yaitu perkembangan zaman dan teknologi. Dimana ada banyak sekali media internet yang meluas dan menciptakan jaringan sebanyak mungkin.
Itulah beberapa pembahasan mengenai pengertian iklan baik secara umum maupun berdasarkan pendapat para ahli. Pada dasarnya iklan yaitu sebuah cara untuk mempromosikan produk atau jasa.
Baca juga:
- Summertime Saga Apk
- Norma Adalah
- Game Drag Bike 201m Mod Apk
- Naruto Senki Mod Apk Full Character
- Ekosistem Adalah
- Pengertian Hak dan Kewajiban