Resume adalah

FAST DOWNLOADads
Download

–Ketika melamar pekerjaan, terkadang ada perusahaan yang meminta resume sebagai salah satu syarat administrasi. Banyak orang yang mengira, bahwa resume itu ialah curriculum vitae. Padahal, kedua dokumen itu sangat berbeda. Jadi, apa, sih, pengertian resume itu?


terkadang


Secara singkat, resume mempunyai arti sebagai rangkuman atau kependekan sebuah teks. Nantinya di dalam rangkuman itu akan menjelaskan inti dari teks tersebut. Resume dianggap juga sebagai sebuah cara kreatif dalam memberikan poin penting dengan gaya yang ringkas dan menarik.


Dalam dunia manajemen kerja, resume sering kali disamakan dengan curriculum viate. Sebaliknya, di luar dunia kerja, resume sering disamakan dengan ikhtisar. Padahal, baik curriculum vitae dan ikhtisar mempunyai beberapa perbedaan dengan resume.


Berikut klarifikasi mengenai resume secara lengkap dan detail:


Pengertian Resume


Di paragraf sebelumnya telah dijelaskan pengertian resume secara singkat, tetapi untuk klarifikasi yang lebih umum dan detail, maka di sini akan dibahas mengenai pengertian resume dalam arti yang lebih luas.


Resume mempunyai arti sebagai sebuah ringkasan atau juga bisa sebuah rangkuman yang dibentuk menurut sebuah goresan pena maupun sebuah karangan panjang, dengan cara hanya mengambil belahan pokok yang penting serta membuang seluruh rincian serta ilustrasi yang dirasa kurang penting.


terkadang


Resume dianggap sebuah goresan pena singkat yang bisa menampung seluruh isi pikiran atau inspirasi dari pengarang buku tersebut dengan cara yang lebih singkat.


Dalam dunia kerja, resume sanggup diartikan sebagai sebuah dokumen manajemen yang berisi data ihwal pengalaman kerja, keahlian yang dimiliki, serta pendidikan terakhir yang dikenyam oleh si pelamar. Jumlah resume umumnya dihentikan lebih dari 2 halaman.


Perbedaan Resume dengan Ikhtisar


Meskipun sekilas terlihat mirip, bahwasanya resume dan ikhtisar sebuah karangan mempunyai susunan dasar yang sangat berbeda.


Seperti telah dijelaskan bahwa resume mempunyai arti sebagai ringkasan berisi inspirasi pokok dari sebuah goresan pena maupun karangan panjang. Hanya saja, meskipun berisi ringkasan karangan, susunan dari resume tetap dihentikan mengacak urutan dari gagasan pokok dalam goresan pena tersebut.


terkadang


Berbeda dengan ikhtisar. Ikhtisar bisa dibilang juga sebagai ringkasan yang berisi inspirasi pokok. Hanya saja, susunannya boleh mengabaikan urutan gagasan pokok goresan pena tersebut. Ikhtisar dibentuk menurut pemahaman peng-ikhtisar terhadap karangan yang diringkasnya.


Perbedaan Resume dengan Curricculum Vitae


Secara awam, curriculum vitae dan resume mempunyai arti yang kurang lebih sama. Sama-sama dokumen manajemen yang diharapkan dalam melamar pekerjaan.


terkadang


Perbedaannya ialah curriculum vitae berisi data lengkap mengenai seseorang. Dari mulai tanggal lahir, alamat rumah, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, dan lain sebagainya. Jumlah halaman untuk CV juga tidak dibatasi.


Sementara itu, resume hanya berisi mengenai keahlian yang dimiliki pelamar, riwayat pekerjaan, serta riwayat pendidikan. Juga riwayat organisasi yang pernah diikuti yang relevan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.


Jenis-Jenis Resume


terkadang


Resume mempunyai beberapa jenis, menurut tipe ringkasan yang dimiliki oleh teks tersebut. Beberapa jenis resume tersebut adalah:


Ringkasan Abstrak


Ringkasan menyerupai ini biasanya ditemukan dalam sebuah karya tulis ilmiah. Ringkasan ini sangat singkat dan padat, sekaligus informatis.


Gaya penulisan yang digunakan dalam ringkasan aneh ialah penulisan yang formal, sekaligus sesuai dengan pemahaman si penulis abstrak. Ditambah lagi susunan poinnya harus sama dengan karangan asli, baik berupa sudut pandang karangan orisinil dan gaya bahasa yang digunakan oleh karangan asli.


Konsep awal jenis ringkasan menyerupai ini hanya boleh memendekan teks karangan asli, tetapi tidak mengubah gaya bahasa, struktur, dan sudut pandang dari karangan tersebut.


Ringkasan Stricto Sensu


Ringkasan ini  biasanya disusun dengan mengambil pikiran utama dalam sebuah teks dan disusun ulang menurut susunan kata sendiri. Dalam menciptakan resume jenis ini, biasanya peringkas meninggalkan goresan pena yang bersifat detail, contohnya goresan pena yang berisi contoh, ilustrasi di dalam sebuah tulisan, bahkan hingga detail yang spesifik juga ditinggalkan.


Ringkasan jenis stricto sensu ini mempunyai hasil simpulan dengan mengikuti naskah asli. Jadi, meskipun memakai kata-kata sendiri, urutan dan proporsi yang dimiliki naskah orisinil dan tidak mencampurkannya dengan pendapat pribadi.


Jadi, hal-hal yang tidak ada di naskah orisinil dihentikan ada di dalam ringkasannya. Jenis resume menyerupai ini biasanya digunakan dalam hal-hal yang berafiliasi dengan keperluan sekolah. Seperti kiprah menciptakan ringkasan yang diberikan oleh dosen ataupun guru.


Ikhtisar


Ikhtisar juga merupakan ringkasan dari sebuah tulisan. Tetapi berbeda dengan kedua jenis ringkasan di atas, ikhtisar lebih mempunyai kebebasan dalam menciptakan strukturnya. Meskipun demikian, kebebasan dalam menciptakan ringkasan tersebut hanya berlaku untuk belahan tujuan tulisan, susunan, serta banyaknya informasi yang ditulis tanpa dibatasi jumlah halaman.


Hanya saja, apa yang ditulis dalam sebuah ikhtisar tetap dihentikan melenceng dari naskah utama dan harus ditulis menurut naskah utama itu sendiri.


Unsur-Unsur Resume


terkadang


Ada beberapa unsur yang membentuk struktur resume. Beberapa unsur ini berbeda antara menulis resume untuk sebuah teks dan resume untuk melengkapi manajemen dikala melamar pekerjaan. Berikut beberapa unsur yang dibedakan dari jenis resume itu sendiri:


Unsur Resume Teks atau Buku


Resume yang dibentuk untuk meringkas atau merangkum isi buku harus memenuhi beberapa unsur dan struktur menyerupai yang di bawah ini:



  • Identitas buku. Unsur yang satu ini meliputi judul resume, identitas atau data buku yang berupa judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit lengkap dengan cetakannya, harga buku, ISBN, dan tebal buku.

  • Di belahan pembuka sebuah resume harus mempunyai sinopsis teks atau buku secara keseluruhan dan bersifat kronologis.

  • Ulasan buku lengkap dengan kalimat kutipan buku yang secukupnya

  • Keunggulan dan kelemahan dari teks dan buku yang diringkas

  • Rumusan kerangka buku asli, lengkap dengan tinjauan bahasa.

  • Penutup resume yang berisi buku itu ditujukan untuk kalangan yang mana dan apa alasan hingga harus dibaca oleh kalangan yang dituju tersebut.


Unsur Resume untuk Administrasi Kerja


Berbeda dengan resume yang dibentuk untuk meringkas atau merangkum isi buku harus memenuhi beberapa unsur dan struktur, resume yang dibentuk untuk manajemen pekerjaan harus mempunyai unsur dan struktur menyerupai yang tertulis di bawah ini:



  • Harus berisi keahlian dan pengalaman kerja dengan data yang jujur.

  • Pada belahan keahlian, usahakan biar resume yang dibentuk bisa menonjolkan kemampuan pelamar, termasuk di dalamnya ihwal algoritme komputer.

  • Tidak terlalu panjang dan bisa dilihat dalam waktu 10 detik saja

  • Sesuai dengan pembagian terstruktur mengenai yang diminta oleh HRD perusahaan.

  • Memiliki tampilan yang elegan dan sederhana, juga bahasa yang gampang dipahami.


Cara Membuat Resume Buku atau Teks


terkadang


Cara menciptakan resume untuk buku, tentu berbeda dengan menciptakan resume untuk pekerjaan. Hal ini dikarenakan tujuan dan maksud dari resume tersebut juga sudah berbeda sehingga proses pembuatannya harus berbeda pula. Berikut beberapa cara menciptakan resume untuk buku dan teks:


Membaca Naskah Asli


Hal pertama yang harus dilakukan untuk menciptakan resume ialah membaca naskah orisinil terlebih dahulu. Ini dikarenakan untuk bisa menciptakan sebuah ringkasan yang bagus, maka peng-ikhtisar harus memahami dan mengerti  benar soal naskah yang ingin dibuatkan resumenya.


Pastikan untuk memahami benar isi dari naskah orisinil biar resumenya tidak melenceng dari tujuan naskah.


Menemukan Gagasan Utama


Setelah membaca naskah asli, maka temukanlah sebuah gagasan utama yang tersirat ataupun tersurat dalam naskah orisinil tersebut. Catatlah pikiran dan gagasan utama dari naskah yang ingin dibuatkan resumenya.


Hal yang perlu diingat ialah tidak semua paragraf mempunyai gagasan utama dalam tulisannya. Sehingga pengikhtisar harus benar-benar bisa memahami dan menemukan gagasan utamanya.


Mulai Menulis Resume


Setelah selesai menemukan seluruh gagasan utama di dalam naskah tersebut, maka mulailah menulis resume dari naskah. Gambarkan gagasan tersebut secara ringkas, sekaligus juga sesuai dengan naskah asli. Gunakan bahasa Indonesia yang sederhana biar tidak membingungkan si oembaca ikhtisar.


Membaca Ulang Resume


Setelah resume selesai dibuat, baca ulang resume tersebut. Periksalah penggunaan bahasa dan ejaan di dalam resume. Pastikan juga untuk menyidik kesesuian antara naskah aslinya dengan resume yang kau buat.


Cara Membuat Resume Untuk Administrasi Pekerjaan


terkadang


Berikut cara menciptakan resume untuk manajemen pekerjaan:


Daftarkanlah Keahlian dan Pengalaman Bekerja


Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan menciptakan daftar keahlian dan pengalamann bekerja yang dimiliki. Usahakan untuk hanya memasukan pengalaman dan keahlian yang relevan dengan posisi yang ditawarkan perusahaan.


Tulislah Resume yang Singkat


Tulislah resume dengan singkat, jelas, dan menarik. Dalam sebuah resume, sebuah kuantitas tidak penting. Karena biasanya tim perekrut hanya mempunyai waktu 6 detik untuk membaca sebuah resume. Makara usahakan untuk merangkum keahlian dan pengalaman kerja sesingkat mungkin.


Hal yang Perlu Dituliskan


Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah:



  • Menonjolkan keahlian yang dimiliki secara sederhana, sekaligus spesifik dan tidak berbelit

  • Pastikan untuk memberikan kepada perekrut bahwa kau ialah orang yang melek teknologi. Ini menjadi faktor penting alasannya ialah perusahaan tidak mempunyai waktu untuk memberi pelajaran mengenai teknologi lagi.

  • Editlah resume yang dibentuk menjadi eye catching dan elegan sehingga menarik untuk dibaca.


Baca Ulang Resume


Baca ulang resume yang ditulis dan posisikan diri sebagai pembaca resume tersebut. Objektiflah dalam menilai resume yang dibentuk sendiri dan perbaiki kalimat yang dinilai tidak perlu.


Contoh Resume


terkadang


Berikut teladan resume:


Contoh Resume untuk Lamaran Kerja


Contoh resume untuk yang mempunyai pengalaman:


terkadang


Contoh Resume Pekerjaan untuk Perempuan


terkadang


Contoh Resume untuk Fresh Graduate


terkadang


Contoh Resume Buku atau Teks


Berikut sebuah teladan resume dari buku yang bisa dijadikan referensi:









Judul: Perubahan Sosial dalam Refleksinya dalam Kehidupan Sosial di Indonesia


Penulis: Yessi Ariaguana


Penerbit: XYZ Aksara Pustaka


Tahun Terbit: 1996 (cetakan ke dua)


Tebal Buku: 255 halaman


 


Di negara berkembang yang sedang terkenal kini ialah pengadaan kajian ihwal perubahan sosial. Ada banyak penelitian yang dilakukan berkenaan tema terkenal tersebut. Seluruh kajian ini biasanya digunakan untuk mengetahui perubahan sosial yang terjadi di masyarakat dan arah perubahan yang terjadi: apakah mengarah kepada perubahan positif atau negatif.


Dalam bukunya yeng berjudul “Perubahan Sosial dalam Refleksinya dalam Kehidupan Sosial di Indonesia”, Yesi menjelaskan dengan detail mengenai arah perubahan yang terjadi di masyarakat, khususnya di Indonesia, dalam kurun teknologi yang semakin maju.


Yesi menyampaikan bahwa perubahan yang terjadi di lingkup sosial masyarakat biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini:


·         Adat


·         Norma


·         Perkembangan ilmu pengetahuan


·         Perkembangan teknologi


·         Perubahan nilai yang dianut oleh kelompok masyarakat


Biasanya perkembangan yang terjadi ini biasanya bersifat statis dan dinamis. Dalam perkembangan relasi yang bersifat dinamis, biasanya sanggup dilihat melalui kacamata makro, contohnya perubahan sebuah negara cenderung lebih stabil dan perlahan-lahan, tidak drastis.


Sebaliknya, perubahan yang terjadi dalam sifat yang statis, harus dilihat dari kacamata kehidupan sosial yang lebih mikro. Karena kehidupan di masyarakat terutama kelompok yang tinggal secara bersamaan dalan lingkungan yang sama, perubahan yang dialami lebih statis. Jika digambarkan dengan sebuah diagram, maka perubahan yang terjadi umumnya akan tampak menyerupai diagram saham yang naik turunnya begitu banyak.


Hal ini dikarenakan alasannya ialah konflik sosial antar individu di kalangan mikro terang lebih banyak dan lebih mewakili perubahan sosial dan refleksinya dalam kehidupan sosial di Indonesia itu sendiri.


Yesi dalam bukunya menulis ihwal perubahan sosial yang memadu padankan teori yang ditulis oleh Emile Durkheim, Karl Mark, dan Mark Weber sekaligus. Ia memandang perubahan sosial di Indonesia melalui kacamata ketiga hebat tersebut.


Pandangan ketiga pilsuf tersebut dianggap Yesi ialah yang paling mewakili kehidupan sosial di Indonesia. Baik itu mengenai imbas teknologi yang terus berkembang, imbas fanatisme ideologi, imbas keadaan pemerintahan birokrasi, modal, dan cara berkomunikasi satu sama lainnya.


Karl Mark menyatakan pikirannya yang diduga sebagai imbas dari pikiran Kant, yang menyebutkan bahwa insan itu sesungguhnya makhluk yang mempunyai kesempurnaan sebelum tercebur di dalam got yang berjulukan kehidupan sosial.


Yesi juga menyampaikan bahwa insan menjadi lebih jelek semenjak mengenal insan lain. Tetapi perubahan yang jelek ini juga menimbulkan insan lebih baik lagi. Karena segala hal jelek yang terjadi di dalam lingkup masyarakat sosial, akan menimbulkan kehidupan sosial tersebut justru lebih baik.


Yesi menyampaikan bahwa beberapa konflik harus terjadi di masyarakat biar insan semakin mawas diri dan memperbaiki dirinya sendiri dalam bersosial.


Dalam buku goresan pena Yesi ini, ia menjelaskan mengenai aspek eksternal terkait duduk masalah sosial yang terjadi di masyarakat umum.



Resume memang mempunyai banyak kegunaan. Dalam resume yang digunakan untuk menciptakan lamaran kerja, usahakan untuk membuatnya secantik, seapik, sekaligus sesederhana mungkin. Resume yang baik bukanlah resume yang mempunyai banyak detail, melainkan resume yang singkat tetapi tetap menonjolkan talenta pribadi. Karena HRD perusahaan tidak mempunyai cukup waktu untuk membaca seluruh resume yang dikirimlkan.


Sebaliknya, resume untuk buku harus memuat lebih banyak detail, meskipun tidak harus sedetail yang dituliskan di dalam buku. Pembahasannya dihentikan melenceng dari apa yang ada di dalam isi buku tersebut.


Itulah beberapa pengertian resume. Termasuk di dalamnya jenis resume, contoh, dan cara menciptakan resume yang dibahas secara lengkap.




Baca juga:



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post