Teknik Dasar Futsal

FAST DOWNLOADads
Download

Olahraga futsal tentunya sudah tidak absurd lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Futsal merupakan olahraga sepak bola mini dengan jumlah pemain inti sebanyak 5 orang. Olahraga ini termasuk olahraga dalam ruangan sebab biasanya dimainkan di mini lapangan yang berada di dalam ruangan.


Futsal banyak digemari sebab termasuk olahraga yang tidak banyak membutuhkan pemain dan dimainkan di dalam ruangan sehingga tidak perlu takut panas dan hujan. Dalam pembahasan kali ini akan diberikan mengenai


Sejarah Kemunculan Olahraga Futsal Di Dunia


tentunya


Futsal pertama kali dimainkan pada tahun 1930 tepatnya di Urugay disebuah sekolah SD. Pencipta olahraga ini yaitu seorang guru olahraga di Uruguay yang berjulukan Juan Carlos Ceriani Gravier. Pada mulanya Juan akan mengajarkan anak didiknya bermain sepak bola di lapangan sekolah, namun sayangnya pada dikala itu hujan deras dan lapangan tidak sanggup digunakan.


Juan tidak kehabisan akal, pada dikala itu latihan dipindahkan ke dalam aula sekolah yang ukurannya tidak terlalu besar. Karena aula sekolah tidak besar maka Juan mengubah pertandingan sepak bola yang biasanya satu tim 11 orang menjadi 1 tim 5 orang. Berawal dari hal inilah Juan berpikiran untuk menciptakan olahraga gres yang diberi nama futsal.


Aturan bermain futsal sama dengan peraturan permaianan sepak bola, hanya saja satu tim hanya berjumlah 5 orang dengan ukuran lapangan yang lebih kecil. Pada mulanya futsal belum bisa diterima oleh FIFA, namun sehabis sering dimainkan dan banyak peminatnya, jadinya futsal diakui. Kejuaraan dunia futsal pertama kali dilaksanakan pada tahun 1989.


Sejak diakui oleh FIFA, futsal semakin berkembang dan banyak peminatnya termasuk di Indonesia. Sejarah futsal di Indonesia tidak terlepas dari kiprah Justinus Lhaksana. Beliau yaitu orang pertama yang mengenalkan futsal di Indonesia.


Justinus yaitu instruktur pertma tim futsal Indonesia dan berhasil mengantarkan Indonesia mendapat perunggu pada dikala SEA GAMES tahun 2007. Tidak hanya tim nasional Indonesia, sebelumnya ia yaitu instruktur futsal di Belanda dan sudah mendapat akta dari pemerintah Belanda.


Sekarang ini futsal menjadi salah satu olahraga yang digemari di Indonesia. Kejuaraan futsal pun semakin banyak. Futsal kini tidak hanya dimainkan oleh laki-laki saja tapi perempuan juga bisa bermain futsal. Bahkan kini sudah ada kejuaraan futsal perempuan di tingkat internasional.


Teknik Dasar Olahraga Futsal


tentunya


Membahas mengenai futsal tentu tidak terlepas dari teknik dasar yang digunakan. Secara umum teknik dasar futsal sama dengan teknik dasar sepak bola. Para pemain futsal setidaknya harus menguasai 7 teknik dasar utama, yaitu:


1. Mengumpan


Teknik dasar futsal yang harus dikuasai pertama yaitu mengumpan passing. Bagian kaki yang dipakai untuk mengumpan bola yaitu kaki baagian dalam. Pada dikala mengumpan jarak antar pemain harus diperhatikan semoga bola tidak melenceng jauh.


2. Menahan Bola


Selanjutnya teknik yang harus dikuasai yaitu menahan bola. Untuk menahan bola bisa dilakukan dengan telapak kaki atau sole. Menahan dengan telapak kaki lebih gampang dan bola tidak gampang direbut oleh lawan.


3. Menggiring Bola


Menggiring bola yaitu teknik futsal yang wajib dikuasai oleh setiap pemain. Cara mendribel bola bisa dilakukan dengan kaki belahan dalam ataupun depan. Bahkan mendrible bola juga bisa dilakukan dengan memakai telapak kaki belahan belakang.


4. Menyundul Bola


Gerakan menyundul bola bisa dilakukan dengan memakai pertolongan dahi atau kepala belahan atas. Teknik ini jarang dipakai kecuali bila bola melambung tinggi dan sulit dijangkau dengan kaki.


5. Penjaga Gawang


Seorang penjaga gawang harus menguasai teknik mengumpan dan menangkap bola dengan baik. Keahlian penjaga gawang sangat diharapkan semoga tim bisa menang tanpa terlalu banyak kebobolan gol.


Peraturan Permainan Olahraga Futsal


tentunya


Seperti yang sudah dijelaskan bahwa permainan futsal hampir sama dengan sepak bola hanya saja peraturannya yang berbeda. Secara umum peraturan futsal yaitu:


1. Ukuran Lapangan


Lapangan futsal berukuran jauh lebih kecil dari pada lapangan sepak bola. Untuk kompetisi berskala nasional dan internasional ukuran panjang lapangan maksimal 42 meter dengan lebar 25 meter. Namun biasanya untuk lapangan futsal biasa ukurannya sekitar 25 meter x 38 meter.


2. Syarat Bola


Bola yang dipakai untuk bermain futsal pada kompetisi nasional dan internasional harus memiliki diamter minimal 62 cm maksimal 64 cm. Sedangkan beratnya antara 400 hingga 440 gram. Jika bola mengalami kerusakan pada dikala permainan berlangsung maka bol awajib diganti dan bola gres harus diletakkan sempurna di mana bola rusak.


3. Syarat Pemain


Sesuai dengan hukum FIFA maksimal jumlah pemain dalam satu tim futsal yaitu 12 pemain dengan 5 pemain inti dan 7 pemain cadangan. Setiap tim yang akan bertanding harus menyiapkan semua pemainnya sebab biasanya dalam futsal pergantian pemain sering dilakukan.


4. Lama Bermain


Jika sepak bola usang bermainnya yaitu 2 x 45 menit dengan 1 kali istirahat, futsal hanya 2 x 20 menit dengan 1 kali istirahat selama 15 menit. Tidak salah bila pertandingan futsal lebih cepat selesai dibandingkan dengan olahraga lainnya.


Wasit Olahraga Futsal


tentunya


Dalam olahraga futsal juga terdapat wasit yang mengatur jalannya permainan. Ada 3 wasit dan juga 1 penjaga waktu yang memiliki kiprah berbeda-beda. Agar lebih terperinci berikut ini yaitu kiprah dari wasit dan penjaga waktu:


1. Tugas Wasit Utama


Tugas dari wasit utama yaitu menegakkan peraturan permainan futsal, selain itu wasit utama juga memiliki beberapa kiprah yaitu:



  • Mengecek keadaan lapangan dan bola sebelum pertandingan dimulai serta memastikan sudah sesuai dengan aturan

  • Mengecek pemain semoga memakai perlengkapan yang sesuai

  • Mencatat bencana selama pertandingan

  • Menghentikan pertandingan bila terjadi gangguan ataupun pelanggaran

  • Memberi eksekusi kepada pemain yang melanggar aturan


2. Tugas Wasit Kedua


Agar kiprah wasit utama berjalan dengan baik maka dibantu oleh wasit kedua. Secara umum kiprah wasit kedua sama dengan wasit utama, hanya saja wasit kedua mengawasi area yang berlawanan dengan wasit utama.


3. Tugas Wasit Ketiga


Untuk kelancaran jalannya pertandingan, wasit pertama dan kedua dibantu oleh wasit ketiga. Adapaun kiprah dari wasit ketiga yaitu :



  • Mencatat semua pelanggaran yang terjadi

  • Memberikan tanda kepada wasit pertama bila salah satu dari tim sudah melaksanakan pelanggaran sebanyak 5 kali

  • Mencatat gol

  • Mengawasi bila terjadi pergantian bola

  • Mengecek semua pemain cadangan yang akan masuk ke lapangan


4. Tugas Penjaga Waktu


Tiga wasit ini juga dibantu oleh penjaga waktu yang memiliki tugas:



  • Mengecek waktu

  • Menyalakan penghitung waktu dari mulai kick-off

  • Menghentikan penghitung waktu ketika terjadi pelanggaran atau bola keluar lapangan

  • Mencatat semua umlah gol

  • Memberikan tanda ketika waktu sudah habis


Daftar Juara Piala Dunia Futsal 1989-2016


tentunya


Sejak diakui oleh FIFA, kejuaraan dunia futsal sudah dilaksanakan 8 kali dan tahun 2020 ini yang ke 9. Berikut akan diberikan daftar juara piala dunia futsal dari awal hingga dikala ini:


1. Tahun 1989


Tahun ini yaitu tahun pertama kejuaraan futsal dunia yang dilaksanakan di Belanda. Juara pertama dari kejuaraan ini yaitu Brazil yang berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 2-1.


2. Tahun 1992


Pada tahun 1992 kejuaraan futsal dunia diadakan kembali di Hongkong dan Brazil berhasil menjadi juara kembali. Saat itu Brazil berhasil mengalahkan Amerika dengan skor 4-1.


3. Tahun 1996


Tahun ketiga kejuaraan futsal diselenggarakan di Spanyol dan dimenangkan lagi oleh Brazil. Pada dikala itu Brazil berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 6-4.


4. Tahun 2000


Di tahun 2000 piala dunia futsal diselenggarakan di Guatemala dan Spanyol berhasil menjadi juara. Spanyol bisa menyingkirkan Brazil dengan skor  selesai 4-3.


5. Tahun 2004


Taipei menjadi tuan rumah perhelatan piala dunia futsal di tahun 2004. Di tahun ini Spanyol berhasil mempertahankan gelar juaranya dengan mengalahkan Italia dengan skor 2-1.


6. Tahun 2008


Pada tahun 2008 piala dunia futsal diselenggarakan kembali di Brazil dan Brazil berhasil mengalahkan Spanyol. Skor pada dikala itu yaitu 2-2 dan Brazil berhasil membalikkan keadaan menjadi 4-3 pada waktu tambahan.


7. Tahun 2012


Piala dunia futsal tahun 2012 diselenggarakan di Thailand dengan Brazil keluar menjadi juara bertahan. Brazil menyingkirkan Spanyol dengan hasil 3-2.


8. Tahun 2016


Diselenggarakan di Kolombia dan berhasil mengeluarkan juara baru. Pada piala dunia futsal tahun ini Argentina berhasil mengalahkan Rusia dengan skor 5-4.


Kesimpulan


Olahraga futsal bisa dikatakan sebagai sepak bola mini dengan jumlah pemain yang lebih sedikit. Ukuran lapangannya juga lebih sempit dengan peraturan yang tidak jauh berbeda dengan pertandingan sepak bola.


Dengan artikel ini tentunya pengetahuan mengenai futsal menjadi bertambah bukan? Semoga bermanfat.




Baca Juga :



FAST DOWNLOADads
| Server1 | Server2 | Server3 |
Download
Next Post Previous Post